Kompas.com - 02/01/2020, 16:02 WIB


KOMPAS.com - Tahun baru, pastinya harus dibarengi dengan semangat baru. Jika kamu seorang mahasiswa di semester akhir, maka perlu mempersiapkan diri agar sukses berkarier di tahun 2020 ini.

Dirangkum dari Rencanamu.id, kamu perlu menguasai 15 skill ini agar kariermu sukses.

1. Komunikasi tertulis

Ketika terjun di dunia kerja, kamu harus bisa menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulisan yang baik dan benar. Sebab, dalam pekerjaan sering dikomunikasikan dengan tulisan, baik ke atasan, rekan kerja hingga klien.

Di level mencari kerja, bahasa pada surat lamaran , CV, dan dalam tes tertulis akan menjadi penilaian. Ketika banyak kesalahan tata bahasa bisa membuat kamu tersingkir dari pencari kerja lainnya.

Baca juga: Menggembleng Soft Skills Anak-anak Generasi Z

Karena itu, kamu bisa mengasah kemampuan ini dengan mengerjakan tugas kuliah (esai) secara maksimal. Di jurusan apa pun, kamu membutuhkan kemampuan menulis.

2. Bahasa Inggris

Selain sudah dapat mata pelajaran atau mata kuliah Bahasa Inggris, ada baiknya jika kamu ikut kursus bahasa tersebut. Lebih bagus lagi jika kamu membaca buku, artikel, serta nonton film berbahasa Inggris. Bisa pula menulis dengan bahasa Inggris secara rutin.

3. Berpidato

Masalah ini sering dihadapi siapa saja. Ketika harus berpidato atau ngomong di depan banyak orang pasti tidak nyaman. Karenanya, siapkan mental dan asah kemampuan berbicara di depan umum.

Belajarlah menyampaikan pesan secerhana dan tidak berbelit-belit. Cobalah atur volume suara, intonasi dan gestur. Jadi, mulai sekarang kamu harus siap jika ada presentasi kelompok di Unit Kegiatan Mahasiswa, tantang dirimu untuk berbicara.

4. Bahasa asing lain

Tak hanya dituntut fasih berbahasa Inggris, tetapi sekarang mahasiswa juga harus bisa bahasa asing lainnya. Ini tidak wajib, tetapi akan jadi nilai plus jika nanti dibandingkan dengan kandidat lain.

5. Bisa matematika dasar

Di hampir semua pekerjaan, hitung-hitungan pasti ada. Meski di jurusanmu tidak ada matematikanya, tetapi saat kerja kamu harus paham logika dasar. Misal persentase dan penghitungan data.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.