Jokowi: Banjir Karena Sampah! Guru Lakukan 5 Hal Ini Bersama Siswa

Kompas.com - 05/01/2020, 11:25 WIB
Ilustrasi seseorang tengah membuang sampah AsvolasIlustrasi seseorang tengah membuang sampah


KOMPAS.com - Permasalahan banjir terjadi di Jakarta di awal Januari 2020 menjadi perhatian banyak pihak.

Diberitakan di Kompas.com sebelumnya, Presiden Joko Widodo menilai, banjir menggenangi Jakarta dan sekitarnya disebabkan kerusakan ekologi dan kesalahan dibuat manusia, seperti membuang sampah sembarangan.

"Ada yang disebabkan kerusakan ekosistem, kerusakan ekologi yang ada, tapi juga ada yang memang karena kesalahan kita yang membuang sampah di mana-mana. Banyak hal," ujar Jokowi di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Jokowi meminta pemerintah provinsi, pemerintah kota, dan pemerintah kabupaten di Jabodetabek bekerja sama dengan pemerintah pusat menangani permasalahan banjir.

Berbicara soal banjir dan sampah, ini semua karena ulah manusia yang tidak peduli pada kebersihan lingkungan.

Baca juga: Ini 3 Resep Sinergi Orangtua dan Sekolah agar Pendidikan Siswa Sukses

Agar kebiasaan buruk itu tak terjadi di waktu akan datang, alangkah baiknya jika kita mulai membiasakan hidup bersih sejak dini kepada anak-anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud RI, anak-anak di bawah usia 5 tahun atau SD harus dibekali agar peduli pada kebersihan lingkungan.

Hal ini bisa dimulai di lingkungan sekolah. Bagi para guru, simak 5 hal berikut agar anak/siswa mau menjaga kebersihan lingkungan:

1. Biasakan siswa tidak buang sampah sembarangan

Pihak sekolah bisa membuat rambu-rambu untuk tidak membuang sampah sembarangan dengan media gambar, sehingga mudah dipahami maksudnya oleh anak-anak.

Bisa pula melalui nasihat langsung yang sifatnya lisan. Sekolah juga harus menyediakan tempat sampah yang memadai atau sesuai kebutuhan, serta dipisah antara tempat sampah organik, basah, non organik atau kering.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.