Ternyata Perbanyak Aktivitas Fisik Jadikan Siswa Lebih Jago Matematika

Kompas.com - 06/01/2020, 12:51 WIB
Ilustrasi anak belajar shutterstockIlustrasi anak belajar

KOMPAS.com - Selain belajar dari buku, ada cara menarik dapat dicoba sebagai upaya meningkatkan nilai mata pelajaran, khususnya matematika.

Sebuah studi 2016 daru jurnal Pediatrics menemukan, kegiatan belajar dipadukan dengan aktivitas fisik bisa meningkatkan nilai tes siswa dalam ujian matematika dan bahasa.

Dalam studi bertajuk Physically Active Math and Language Lessons Improve Academic Achievement: A Cluster RCT, tim peneliti asal Belanda mencoba mengamati apakah aktivitas fisik dapat membuat siswa belajar lebih efektif.

Baca juga: Jangan Lupa, Maret-April 2020 UN bagi Siswa Kelas 3 SMP, SMA dan SMK

Peneliti melibatkan sekitar 499 siswa sekolah dasar. Kelompok pertama belajar di kelas seperti biasa (reguler), sedangkan kelompok lainnya mengikuti program ‘Fit & Vaardig’ yang menggabungkan antara belajar dengan aktivitas fisik.

Gabungan belajar dan aktivitas fisik

Program ‘Fit & Vaardig’ mengajak siswa untuk bergerak aktif, semisal mengerjakan rumus seraya berdiri di papan tulis. Siswa juga diajak untuk mendengarkan musik dan berjoget seraya memahami pelajaran selama beberapa menit.

Lalu, setelah musik dimatikan siswa diminta untuk menyelesaikan soal. Berbeda dengan kelas reguler yang hanya belajar dengan cara duduk dan mengerjakan soal di meja.

Selama dua tahun penelitian, peneliti melakukan tes prestasi akademik dengan melalukan dua macam tes matematika (kecepatan dan keterampilan matematika umum) dan tes bahasa (membaca dan mengeja).

Hasilnya, anak-anak dalam kelompok 'Fit & Vaardig' mendapatkan nilai tes matematika dan mengeja lebih baik dibandingkan dengan anak-anak dalam kelompok reguler. Menariknya, nilai bahasa dalam tes membaca tidak terpengaruh.

Peneliti berpendapat, menggabungkan antara kegiatan belajar dan aktivitas fisik dapat dijadikan cara belajar baru yang efektif untuk mata pelajaran matematika dan ejaan bahasa.

Kurangi kebosanan dan stres

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber Parents
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X