Kemendikbud Nobatkan "Milenial" sebagai Kata Paling Populer 2019

Kompas.com - 06/01/2020, 19:08 WIB
Ilustrasi ThinsktockIlustrasi

KOMPAS.com - Belum lama Oxford Language menobatkan kata ‘climate emergency’ sebagai "Oxford Word of the Year 2019". Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) juga tak ingin ketinggalan.

Badan Bahasa melakukan pemilihan " Kata Tahun Ini (KTI)" untuk pertama kalinya pada awal tahun 2020.

Kata yang dipilih Badan Bahasa Kemendikbud sebagai KTI 2019 ialah " milenial". Kata "milenial" ini dipilih karena sejumlah tujuan dan pertimbangan.

“Tujuan dilakukannya pemilihan KTI adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang perkembangan bahasa, termasuk bahasa yang paling populer,” kata Plt Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Dadang Sunendar dalam siaran pers yang berlangsung di Gedung C Kemendikbud, Jakarta, Senin (6/1).

Kata paling banyak dicari

Dadang menambahkan, penetapan kata milenial sebagai KTI 2019 sudah melalui berbagai pertimbangan, termasuk penelitian kuantitatif dan kualitatif. 

Baca juga: Ini 18 Tata Tertib Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil 2020

"Menurut situs KBBI, sepanjang tahun 2019 kata milenial merupakan salah satu kata paling banyak dicari di 2019 dengan total 19.834 pencarian. Perhitungan itu dilakukan hingga 30 Desember 2019 pukul 12.58 WIB," ujarnya.

Dadang melanjutkan, sebelum terpilihnya kata "milenial" sebagai KTI tahun ini, ada sejumlah kata yang juga menjadi nominasi, yakni aktivitas, analisis, daring, efektif, izin, kerja sama, literasi, milenial, memengaruhi, objek, praktik, resiko, risiko, sistem dan survei.

Namun, karena milenial menjadi kata yang memiliki kriteria paling lengkap, maka ditetapkanlah sebagai KTI 2019.

Kriteria pertama ialah karena milenial menjadi salah satu kata dengan pencarian terbanyak dalam kamus KBBI daring. Lalu, berdasarkan data Google Trends, kata "milenial" juga paling banyak dicari pada bulan Maret 2019 karena sejumlah acara besar menggunakan kata milenial seperti Milenial Road Safety Festival.

Alasan pemilihan kata "milenial"

Plt Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Prof Dr Dadang SunendarDok. KOMPAS.com/AYUNDA PININTA KASIH Plt Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Prof Dr Dadang Sunendar

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X