Perhatikan 10 Hal Penting UNBK Ini agar Siswa Tak Kena Sanksi Saat UN

Kompas.com - 07/01/2020, 17:58 WIB
Siswa mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 3 Taruna Angkasa Jawa Timur di Madiun, Jawa Timur, Kamis (7/11/2019). Simulasi UNBK yang diikuti 296 siswa tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan sistem ujian berbasis komputer kepada siswa sebelum mengikuti UNBK. ANTARA FOTO/Siswowidodo/wsj. ANTARA FOTO/SISWOWIDODOSiswa mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 3 Taruna Angkasa Jawa Timur di Madiun, Jawa Timur, Kamis (7/11/2019). Simulasi UNBK yang diikuti 296 siswa tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan sistem ujian berbasis komputer kepada siswa sebelum mengikuti UNBK. ANTARA FOTO/Siswowidodo/wsj.

KOMPAS.com- Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mengharuskan siswa mengerjakan soal menggunakan laptop atau komputer.

Ada sejumlah alasan mengapa UNBK kini diterapkan dalam pelaksanaan ujian nasional, yakni meningkatkan efisiensi, mutu, kredibilitas, kejujuran, dan integritas ujian.

Namun, pengerjaan ujian berbasis komputer ini memang masih jarang di Indonesia, sebab sejumlah sekolah masih mengunakan ujian tertulis dalam ujian internal, sehingga berpotensi membuat siswa bingung saat UNBK.

Padahal, menanyakan tentang teknis UNBK kepada peserta lain bisa membuat siswa terkena sanksi.

Baca juga: Hati-hati, Pelanggaran Ini Bisa Jadikan Siswa Dapat Nilai Nol saat UN

Sanksi ringan diberikan pengawas ujian bila siswa menanyakan teknis UNBK kepada peserta lain. Lalu, ada sanksi berat bila siswa melanggar aturan seperti membawa alat komunikasi (HP), kamera, perangkat elektronik lain ke dalam ruang ujian, termasuk bila bekerja sama dengan peserta ujian lain.

Untuk sanksi ringan, siswa dapat ditegur pengawas, sedangkan sanksi berat, ujian siswa bisa dihentikan hingga siswa ditetapkan mendapatkan nilai nol dan tak bisa ikut ujian perbaikan nilai.

 10 hal penting dalam pelaksanaan UNBK 

Agar tak terjadi, baiknya siswa memiliki pemahaman tentang prosedur dalam menjalani UNBK.

Berikut tata cara peserta ujian UNBK menurut Badan Standar nasional Pendidikan (BSNP) Nomor 0051/P/BSNP/XI/2019.

1. Siswa memasuki ruangan setelah tanda masuk dibunyikan, yakni 15 (lima belas) menit sebelum ujian dimulai.

Baca juga: Kisah Perjuangan Farrel, Tunanetra Raih Nilai 100 UNBK dan Masuk UGM

2. Memasuki ruang ujian sesuai dengan sesi dan menempati tempat duduk yang telah ditentukan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Rilis
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X