Ingin Kuliah di Taiwan? Ini Rincian Biaya dan Hal yang Wajib Disiapkan

Kompas.com - 10/01/2020, 18:01 WIB
Taipei, Taiwan PixabayTaipei, Taiwan

KOMPAS.com - Selama satu dekade terakhir, Negeri Formosa (sebutan lain Taiwan) menjadi salah satu primadona para pegiat studi lanjut.

Keberadaan kampus-kampus dengan reputasi tinggi, berbagai kemudahan dalam seleksi, serta keterjangkauan jarak yang tak terlalu jauh menjadi alasan utama bagi para pemburu kesempatan untuk belajar di Taiwan.

Meski demikian, tetap harus ada persiapannya dong ya? Lalu apa sajakah hal-hal yang harus disiapkan? Yuk, simak ulasan berikut.

Banyak yang masih mengira bahwa mengurus administrasi kuliah di Taiwan itu sama saja dengan Tiongkok.

Faktanya, meski mereka serumpun, tapi secara administratif, apalagi untuk urusan studi lanjut, urusannya bisa jadi sangat berbeda. Berikut rangkuman langkah-langkahnya.

1. Memastikan kampus tujuan

Di Taiwan, ada cukup banyak kampus bereputasi tinggi dengan pengakuan internasional yang telah mampu menelurkan lulusan terbaik dan berkarya di berbagai bidang dan tersebar di berbagai belahan dunia.

Berdasarkan laman web USNews, ada lima kampus di Taiwan masuk peringkat internasional yang bisa menjadi rujukan, yai;tu National Taiwan University (NTU), National Tsing Hua University (NTHU), National Chiao Tung University (NCTU), National Central University (NCU), dan National Cheng Kung University (NCKU).

Nah, banyak-banyak cari informasi tentang kampus tersebut ya! Dan pastikan sebelum beranjak ke langkah selanjutnya, kamu sudah mengantongi Letter of Acceptance (LoA), juga Scholarship Statement kampus tersebut, jika dibutuhkan.

2. Mengurus Visa Taiwan Economic and Trade Office (TETO).

Untuk bepergian ke Taiwan, apalagi untuk bekerja atau belajar, kita perlu mengurus dokumen izin masuk berupa visa. Nah, ke mana mengurusnya? Apakah harus ke Kedutaan Besar Tiongkok untuk Indonesia?

Bagi yang belum pernah ke Taiwan sama sekali tentunya asing, seperti saya saat awal-awal 2016, sebelum memulai studi master degree di sini. Jadi, mengurus visa untuk studi ke Taiwan bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X