Hai Anak Muda! Ini 4 Kemampuan yang Mesti Kamu Punya di Era 4.0

Kompas.com - 11/01/2020, 15:58 WIB
Ilustrasi anak muda ThinkStock/ferlistockphotoIlustrasi anak muda

KOMPAS.com - Persaingan sumber daya di era Industri 4.0 sangat ketat. Sekadar informasi, dalam era industri 4.0 ada sejumlah pekerjaan bakal tergantikan inovasi-inovasi digital.

Namun, kamu tak perlu takut. Posisi manusia akan tetap dibutuhkan untuk menciptakan teknologi-teknologi digital tersebut dan tidak semua dapat tergantikan mesin.

"Kita harus mengikuti perubahan di era industri 4.0. Nanti akan muncul pekerjaan baru yang membutuhkan manusia," kata Head of Marketing Nutrifood Susana saat ditemui di Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Susana menekankan terkait kemampuan yang mesti dimiliki anak muda di masa depan. Dengan kemampuan tersebut, kamu akan tetap bisa bertahan di era yang serba terdisrupsi teknologi digital.

Berikut empat kemampuan yang mesti kamu miliki seperti yang disebutkan Susana;

Baca juga: Kesehatan Mental Mahasiswa Jadi Isu Utama Global, Lalu Apa Solusinya?

1. Dinamis

Dalam perubahan yang serba cepat, kamu dituntut untuk memiliki pribadi dinamis alias adaptif. Kamu wajib memiliki rasa ingin tahu besar terhadap apapun perubahan di sekitar kita.

Selain itu, kamu juga perlu mengidentifikasi setiap kesempatan yang muncul. Kemampuan dinamis dan adaptasi juga perlu didukung oleh komunikasi yang efektif.

2. Custumer devation

Susan menyebutkan para perlu memiliki kemampuan menyelesaikan masalah yang muncul. Tanggung jawab juga perlu ditingkatkan.

"Kemudian bisa berempati pada setiap customer," tambah Susan. Customer di sini merupakan rekan atau orang yang kamu layani saat bekerja.

3. Behavioral skills

Behavioral skills merupakan keseluruhan sikap seperti karakter yang baik, kedewasaan, supel, dan lainnya untuk mendukung proses adaptasi teknologi.

Susan menyebutkan salah satunya yaitu empati.

4. Relationship building

Dalam bekerja, kamu tak akan mungkin bekerja sendiri. Kamu perlu bekerja dengan tim untuk bisa mencapai visi yang ditetapkan.

Susan menyebutkan, para anak muda mesti belajar tentang bagaimana membangun sebuah relasi dengan siapa pun. Yang sudah diketahui, kita hidup di tengah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X