Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisi-kisi UN 2020 SMA Jurusan IPA: Mapel Matematika

Kompas.com - 14/01/2020, 19:44 WIB
Albertus Adit,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Ujian Nasional ( UN) 2020 bagi siswa kelas 12 SMA/Sederajat bakal segera dilaksanakan. Karenanya, belajarlah dengan rajin agar hasil bisa sesuai harapan.

Selain dapat mengikuti bimbingan belajar, kamu juga bisa belajar sendiri dari materi yang disampaikan di sekolah.

Namun, ada baiknya kamu belajar sesuai kisi-kisi UN Tahun Pelajaran 2019/2020 yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP).

Jika sebelumnya sudah dibahas mengenai kisi-kisi UN 2020 untuk SMA/Sederajat mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab, kali ini Kompas.com membahas kisi-kisi mapel Matematika bagi jurusan IPA.

Baca juga: Kisi-kisi UN 2020 SMA Mapel Bahasa Inggris

Level kognitif

Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus mengidentifikasi, membandingkan, menentukan, menghitung, mengklasifikasi, menjelaskan.

Lingkup materi

  • Aljabar: siswa memiliki kemampuan memahami konsep pada topik; fungsi, komposisi fungsi, fungsi invers, dan grafik fungsi, fungsi kuadrat, sistem persamaan dan, sistem pertidaksamaan linear, program linear, operasi, determinan, dan invers matriks, barisan dan deret (aritmetika dan geometri).
  • Kalkulus: siswa memiliki kemampuan memahami konsep pada topik; limit fungsi aljabar, turunan fungsi aljabar, integral tak tentu fungsi aljabar.
  • Geometri dan Trigonometri: siswa didik memiliki kemampuan memahami konsep pada topik; perbandingan trigonometri, fungsi trigonometri dan grafiknya, aturan sinus dan cosinus, jarak dari titik ke titik, garis, dan bidang, transformasi geometri.
  • Statistika dan Peluang: siswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar pada topik; penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik, ukuran pemusatan dan penyebaran data, kaidah pencacahan, peluang suatu kejadian.

Baca juga: Kisi-kisi UN 2020 SMA Jurusan Bahasa: Mapel Sastra Indonesia,

Level aplikasi

Pada level kognitif aplikasi, siswa harus menentukan, menghitung, memodelkan, menyelesaikan masalah.

Lingkup materi

  • Aljabar: siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep aljabar pada topik; fungsi, komposisi fungsi, fungsi invers, dan grafik fungsi, fungsi kuadrat, sistem persamaan dan sistem pertidaksamaan linear, program linear, operasi, determinan, dan invers matriks, barisan dan deret (aritmetika dan geometri).
  • Kalkulus: siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep kalkulus pada topik; limit fungsi aljabar, turunan fungsi aljabar, integral tak tentu fungsi aljabar.
  • Geometri dan Trigonometri: siswa didik memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep geometri dan trigonometri pada topik; perbandingan trigonometri, fungsi trigonometri dan grafiknya, aturan sinus dan cosinus, jarak dari titik ke titik, garis, dan bidang, transformasi geometri.
  • Statistika dan Peluang: siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep statistik dan peluang pada topik; penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik, ukuran pemusatan dan penyebaran data, kaidah pencacahan, peluang suatu kejadian.

Baca juga: Kisi-kisi UN 2020 SMA Jurusan Bahasa: Mapel Bahasa Arab

Level penalaran

Pada level kognitif penalaran, siswa harus menganalisis, menyimpulkan, memprediksi, mensintesis.

Lingkup materi

  • Aljabar: siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik; fungsi, komposisi fungsi, fungsi invers, dan grafik fungsi, fungsi kuadrat, sistem persamaan dan sistem pertidaksamaan linear, program linear, operasi, determinan, dan invers matriks, barisan dan deret (aritmetika dan geometri).
  • Kalkulus: siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik; limit fungsi aljabar, turunan fungsi aljabar, integral tak tentu fungsi aljabar.
  • Geometri dan Trigonometri: siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik; perbandingan trigonometri, fungsi trigonometri dan grafiknya, aturan sinus dan cosinus, jarak dari titik ke titik, garis, dan bidang, transformasi geometri.
  • Statistika dan Peluang: siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik; penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik, ukuran pemusatan dan penyebaran data, kaidah pencacahan, peluang suatu kejadian.

Jadwal UN 2020 SMA/MA/Sederajat

1. Sinkronisasi Data: 27-28 Maret 2020

2. Pelaksanaan Ujian: Kamis 30 Maret - 2 April 2020

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com