[POPULER EDUKASI] Passing Grade Rendah Prodi Saintek PTN I Beasiswa S1 Sawit I Jurusan Sulit di IPB

Kompas.com - 17/01/2020, 07:46 WIB
Ilustrasi mahasiswa yang sedang belajar. ShutterstockIlustrasi mahasiswa yang sedang belajar.

KOMPAS.com - Berita terkait Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2020 dan juga beasiswa masih menjadi artikel yang banyak dibaca pembaca Kompas.com dalam rentang Selasa (14/1/2020) sampai Kamis (16/1/2020) pekan ini.

Jelang SBMPTN 2020, banyak calon mahasiswa membutuhkan informasi terkait " passing grade" atau skor UTBK minimal atau maksimal standar lulus prodi perguruan tinggi negeri ( PTN) mereka.

Baik pihak LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri) maupun PTN bersangkutan biasanya tidak pernah merilis secara resmi skor passing grade tersebut, namun berdasarkan rentang nilai penerimaan SBMPTN 2019 perkiraan tersebut dapat menjadi salah satu acuan.

Demikian pula dengan info seputar beasiswa, jelang memasuki tahun ajaran 2020/2021 informasi mengenai tawaran beasiswa baik dalam dan luar negeri banyak dicari oleh pembaca Kompas.com.

Berikut beberapa berita terpopuler di kanal edukasi minggu ini:

1. Mengintip Prodi Saintek dengan Passing Grade "Rendah" di PTN Favorit

Sejumlah PTN favorit seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) serta Universitas Padjadjaran (Unpad) memiliki passing grade UTBK SBMPTN cukup tinggi untuk program studi (prodi) Saintek.

Namun, bila kamu memang memiliki impian untuk masuk ke prodi Saintek di PTN favorit, namun tak masalah apapun prodinya, sejumlah prodi dengan passing grade paling rendah ini bisa dijadikan pilihan prodi dalam SBMPTN 2020.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Teknik untuk Anak IPA, Berikut Prospek Kariernya

Walau skor UTBK 2020 belum diketahui dan tergantung pada performa peserta UTBK tahun ini, kamu bisa mengira-ngira berapa skor yang harus didapat bila ingin masuk ke prodi tersebut melalui passing grade tahun lalu.

Berikut passing grade UTBK Saintek paling rendah yang diterima di empat PTN favorit; UI, Unpad, ITB dan UGM.

Berita selangkapnya di sini

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X