Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2020, 17:46 WIB
Albertus Adit,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Beberapa bulan lagi, Ujian Nasional (UN) maupun Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2020 bakal dilaksanakan. Tak hanya bagi siswa SMP/SMA/Sederajat saja, tetapi siswa SD juga harus mempersiapkan diri.

Tapi bagi siswa, belajar saja tidak cukup. Belajar sendiri saja tidak cukup. Lantas belajar yang seperti apa?

Ternyata, belajar yang baik itu harus didampingi oleh orangtua. Bahkan ada banyak manfaat orangtua mendampingi anak saat belajar.

Sebab, ada cerita orang sukses yang ternyata orangtuanya tidak berpendidikan tinggi dan tidak kaya. Tapi kuncinya, orangtua itu hanya mendampingi saja saat anaknya belajar.

Baca juga: Jelang Ujian Akhir Semester, Ini 5 Tips Orangtua Dampingi Anak Belajar

Hal ini wajib dilakukan bagi para orangtua yang saat ini lebih sibuk dengan ponsel pintarnya, atau bermedia sosial. Namun untuk mendampingi anaknya saat belajar tidak peduli.

Perlu diketahui, anak adalah amanah dari Allah yang harus dijaga dan diperjuangkan agar kelak menjadi manusia yang berakhlak mulia.

Orangtua ibarat pena yang akan menulis apa saja. Sedangkan anak ibarat kertas polos yang siap dicoret atau dibentuk orangtua itu sendiri.

Oleh karena itu, begitu penting peran orangtua dalam mendidik anak, salah satunya dengan mendampingi belajar. Dirangkum dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud RI, berikut 4 manfaat orangtua mendampingi anak saat belajar:

1. Mampu dekatkan jalinan hati

Ini menjadi penting karena saat ini terjadi perubahan zaman akibat hadirnya teknologi informasi yang makin maju. Jadi, hubungan orangtua dan anak harus terjalin baik.

Jangan sampai masing-masing sibuk dengan sendirinya. Jalinan erat akan menjadikan komunikasi dua arah menjadi lancar.

2. Bantu pecahkan persoalan anak

Wajar jika anak memiliki persoalan tersendiri. Baik saat belajar, masalah di sekolah, atau persoalan lain yang kadang mengganjal.

Kalau persoalan itu biasa dipendam sendiri tentu akan berefek tidak baik bagi psikis anak. Jadi, sesering mungkin kita mendampingi anak belajar dan bertanya apakah ada masalah yang sedang dihadapi.

Baca juga: Dampingi Anak-anak Kita Belajar

3. Anak jadi percaya diri

Kepercayaan diri amat penting bagi anak. Dengan adanya pendampingan belajar, anak menjadi mantap terhadap materi yang dipelajarinya.

Jadi, penguatan orangtua berdampak positif bagi anak. Percaya diri pun tercipta dan bakal menjadikan anak melangkah dengan tenang saat di sekolah atau saat mengerjakan ujian.

4. Bantu ketenangan jiwa anak

Jika orangtua mendampingi anak, maka bisa menimbulkan ketenangan jiwa anak. Dampaknya, anak bisa lebih berkonsentrasi. Selain itu anak akan lebih mudah mengerjakan dengan hati senang, tak ragu dan tak grogi lagi.

Ini akan berpengaruh dalam belajar atau saat mengerjakan soal baik saat ujian atau tidak. Namun yang jelas anak akan lebih siap menghadapinya.

Jadi, mari luangkan waktu sejenak demi tumbuh kembang anak di kemudian hari. Apalagi bagi anak yang akan mengikuti UN 2020. Tunggu apalagi, dampingi anak saat mereka belajar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com