Pilih Akuntansi atau Manajemen? Intip Cakupan Studi dan Peluang Karier

Kompas.com - 21/01/2020, 15:05 WIB
Ilustrasi mahasiswa mengerjakan tugas dengan laptop thinkstock/zhudifengIlustrasi mahasiswa mengerjakan tugas dengan laptop

KOMPAS.com –  Akuntansi dan Manajemen merupakan dua prodi populer yang banyak diminati oleh lulusan IPS. Walau sama-sama masuk dalam Fakultas Ekonomi, ternyata cakupan studi keduanya cukup berbeda.

Memahami kedua prodi lebih dalam, termasuk prospek kariernya, dapat membantu kamu memilih prodi yang tepat sesuai dengan minat bakat, kemampuan akademis, serta pilihan karier impian. 

Berikut penjelasan lebih detail tentang prodi Akuntansi dan Manajemen, melansir Rencanamu.id.

Akuntansi

Kuliah di prodi Akuntansi, kamu akan mempelajari berbagai hal yang terkait dengan praktik akuntan serta penerapan ilmu akuntansi di perusahaan, lembaga pemerintah, serta instansi publik.

Baca juga: Nilai Rata-rata UTBK Prodi Soshum Favorit di UI, UGM dan ITB

Selama kuliah di prodi ini, kamu akan "erat" dengan hitung-menghitung keuangan, termasuk mempelajari teknologi pendukung, seperti Accurate dan MYOB.

Maria Christine Belinda, mahasiswi prodi Akuntansi Trisakti School of Management berkata, “(Kita) Belajar bagaimana membuat jurnal dan menganalisis laporan keuangan serta bagaimana cara mengestimasi kondisi keuangan perusahaan yang akan datang.”

Mata kuliah dan peminatan Akuntansi

Sebagai gambaran, beberapa mata kuliah prodi ini adalah Perpajakan, Auditing, Akuntansi Biaya, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Korporasi dan Pelaporan, Sistem Informasi Akuntansi, Analisis Laporan Keuangan, Pasar Uang dan Pasar Modal, Manajemen Keuangan, Manajemen Strategi, Manajemen Risiko, Statistika.

Baca juga: 3 Prodi Soshum Paling Diminati di SBMPTN 2019, Ini Prospek Kariernya

Prodi Akuntansi umumnya memiliki peminatan studi. Di beberapa kampus seperti Trisakti School of Management, peminatan Akuntansi yang bisa dipilih, yakni:

  1. Akuntansi Keuangan. Fokus konsentrasi ini adalah pada pencatatan dan pelaporan keuangan perusahaan. Mahasiswa juga akan belajar tentang aturan akuntansi serta keuangan dalam negeri dan internasional.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X