Najwa Shihab: Pustakawan Seharusnya Diisi Anak Muda

Kompas.com - 24/01/2020, 18:01 WIB
Pustakawan merapihkan tumpukan buku-buku di Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2017). Perpustakaan Nasional dengan total 24 lantai dan tiga ruang bawah tanah merupakan gedung perpustakaan tertinggi di dunia. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPustakawan merapihkan tumpukan buku-buku di Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2017). Perpustakaan Nasional dengan total 24 lantai dan tiga ruang bawah tanah merupakan gedung perpustakaan tertinggi di dunia. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG


KOMPAS.com - Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab mengatakan profesi pustakawan seharusnya diisi oleh anak muda. Anak muda dinilai relevan dengan segala dinamika perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan teknologi untuk mengubah image perpustakaan.

“Re-branding image perpustakaan tidak bisa lepas dari eksistensi pustakawan,” jelas Najwa dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Peran anak muda di Indonesia tercatat dalam beberapa peristiwa sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

Baca juga: Pustakawan Masa Kini Harus Mampu Layani Kebutuhan Milenial

Pertama, adalah peristiwa Sumpah Pemuda. Jauh sebelum proklamasi dibacakan para anak muda dari seluruh Indonesia telah meleburkan dirinya dalam satu kesepakatan.

Kedua, peristiwa Rengasdengklok sebelum proklamasi dibacakan Soekarno-Hatta. Yang ketiga adalah peristiwa 98, anak muda kompak bersatu menurunkan rezim yang telah berkuasa selama 32 tahun.

“Bangsa ini perlu anak muda. Mereka punya kekuatan, energi, waktu, belajar, dan berani gagal. Berani melakukan trial and error. Semangat untuk belajar. Kuat dalam penguasaan teknologi. Dan perpustakaan amat penting untuk men-support anak muda,” pungkasnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X