15 Jurusan di Universitas Indonesia dengan Nilai UTBK SBMPTN Terendah

Kompas.com - 27/01/2020, 11:13 WIB
Mahasiswa Universitas Indonesia mengikuti kuliah umum. Dok. Universitas IndonesiaMahasiswa Universitas Indonesia mengikuti kuliah umum.

KOMPAS.com - Banyaknya calon mahasiswa yang mendaftar ke Universitas Indonesia (UI) membuat perguruan tinggi negeri (PTN) satu ini menjadi terfavorit dengan rata-rata nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK) paling tinggi di SBMPTN 2019 setelah Institut Teknologi Bandung (ITB).

Untuk jurusan Saintek, nilai rata-rata UTBK yang diterima di UI pada SBMPTN 2019 berada pada peringkat ke-2 setelah ITB.

Sementara jurusan Soshum UI menjadi peringkat pertama di SBMPTN 2019 dengan nilai rata-rata UTBK tertinggi di atas ITB, UGM dan lainnya.

Baca juga: Ingin Masuk ITB? Ini Kisaran Nilai Passing Grade UTBK Lolos SBMPTN

Walau begitu, ada sejumlah jurusan yang masuk dalam daftar jurusan dengan nilai UTBK SBMPTN terendah di kampus yang berlokasi di Kota Depok, Jawa Barat.

Jurusan tersebut bisa menjadi pilihan bila nilai try out UTBK yang kamu dapatkan berkisar antara 610-660.

Walau begitu, perlu kamu pahami bahwa kisaran nilai UTBK, passing grade, atau keketatan bisa berbeda setiap tahun tergantung pada kemampuan peserta SBMPTN.

Baik pihak LTMPT dan PTN, termasuk UI sendiri selama ini tidak pernah merilis secara resmi passing grade minimal atau maksimal sebagai syarat kelulusan.

Berikut kisaran nilai UTBK di 15 jurusan di UI, melansir Rencanamu ID.

Saintek

1. Ilmu Keperawatan

  • Nilai rata-rata UTBK 2019: 637,92

2. Geografi

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X