Jangan Panik, Ini Cara Sederhana Cegah Virus Corona di Sekolah dan Rumah

Kompas.com - 27/01/2020, 13:11 WIB
Ilustrasi anak demam shutterstockIlustrasi anak demam

KOMPAS.com - Berita seputar penyebaran Virus corona kerap membuat banyak orangtua panik saat ingin berlibur dengan buah hati atau saat anak berada di area umum seperti mal, sekolah, dan taman bermain.

Merangkum laman resmi World Health Organization (WHO), virus corona atau Coronaviruses (CoV) adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV) dan Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS-CoV).

Sedangkan Coronavirus novel (nCoV) yang terjadi di Kota Wuhan, China, merupakan jenis virus corona baru yang belum diidentifikasi sebelumnya pada manusia.

Virus nCOV kerap disebut dengan Pneumonia Wuhan sebab kasus pertama penyakit ini terjadi pada 31 Desember 2019 di Kota Wuhan dan dideteksi bisa menular antar manusia.

Gejala yang ditimbulkan mirip dengan gejala flu dan batuk, seperti demam, sakit tenggorokan, namun penderita umumnya juga mengalami sesak nafas yang akut.

Baca juga: 7 Cara Melatih Anak Menjaga Kebersihan di Sekolah

Walau begitu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes mengatakan agar masyarakat tidak perlu terlalu cemas.

"Yang paling penting adalah semua orang tidak usah cemas, tidak usah terlalu panik, tapi mempersiapkan PHBS, mulai dari cuci tangan pakai sabun, kalau sakit periksa ke Fasyankes [fasilitas pelayanan kesehatan], dan perhatikan etika batuk seperti dengan menggunakan masker saat batuk," ucapnya dalam laman resmi Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI).

Penerapan PHBS untuk cegah penyakit

PHBS merupakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. PBHS dapat diwujudkan dengan sejumlah langkah, baik di lingkungan sekolah, rumah, maupun tempat umum.

Pola hidup sehat tersebut dapat diterapkan dengan sejumlah langkah sederhana, yaitu dengan cara:

1. Cuci tangan menggunakan air bersih dan sabun usai beraktivitas, misalnya sepulang sekolah, sebelum makan, setelah ke toilet, setelah kontak dengan hewan. Cuci dan bilas minimal selama 20 detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X