7 Cara Melatih Anak Menjaga Kebersihan di Sekolah

Kompas.com - 22/01/2020, 14:00 WIB
Tempat cuci tangan menjadi fokus utama ketika memasuki bangunan sekolah DOMAT LimitedTempat cuci tangan menjadi fokus utama ketika memasuki bangunan sekolah

 

KOMPAS.com – Bisa karena biasa. Pepatah ini bisa menjadi gambaran saat guru maupun orangtua menuntut anak untuk senantiasa membuang sampah pada tempatnya.

Membuang sampah, merapikan mainan, atau mencuci tangan menjadi sejumlah sikap yang bisa dilakukan spontan oleh anak bila ia telah dibiasakan untuk hidup bersih sedari kecil. Pembiasaan ini perlu diterapkan di mana saja, terutama di sekolah sebagai “rumah kedua” anak.

Di rumah, anak dapat lebih mudah dilatih untuk hidup bersih karena pengawasan orang tua maupun pengasuh hanya tertuju pada anak. Sedangkan di sekolah, guru perlu memiliki strategi agar kebiasaan hidup bersih dapat dilakukan oleh anak walau tanpa diawasi.

Baca juga: 5 Cara Orangtua Membantu Anak Mengatur PR Sekolah

Melansir dari laman resmi Sahabat Keluarga Kemendikbud, pembisaan hidup bersih tak hanya berdampak pada kebersihan lingkungan, namun juga melatih kepekaan anak terhadap lingkungan sekitar dan membantu anak bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.

Berikut cara untuk melatih anak usia TK maupun SD agar peduli terhadap kebersihan lingkungan mulai dari sekolah.

1. Sediakan tempat sampah

Menjaga kebersihan lingkungan bisa dimulai dari aktivitas sederhana yakni membuang sampah pada tempatnya.

Guru dan pihak sekolah bisa membuat rambu-rambu untuk tidak membuang sampah sembarangan dengan media gambar berwarna, sehingga mudah dipahami maksudnya oleh anak-anak.

Lakukan pula persuasi atau nasihat langsung yang sifatnya lisan pada anak saat jam istirahat dimulai. Lakukan persuasi ini setiap hari agar tertanam di ingatan anak.

Sekolah juga harus menyediakan tempat sampah dengan jumlah yang memadai atau sesuai kebutuhan, bila memungkinkan dipisah antara tempat sampah organik atau basah dan tempat sampah nonorganik atau kering.

2. Budaya saling mengingatkan

Guru perlu mengajak anak-anak untuk mengingatkan teman yang lupa membuang sampah pada tempatnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X