Jurusan Ramai vs Sepi Peminat di SBMPTN, Pilih Mana?

Kompas.com - 27/01/2020, 16:41 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Ada sejumlah pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum akhirnya kamu memilih jurusan di SBMPTN 2020.

Selain mempertimbangkan akreditasi kampus maupun jurusan, sepi atau ramainya peminat terhadap jurusan ternyata juga menjadi bahan pertimbangan banyak calon mahasiswa.

Ada sejumlah keuntungan yang ditawarkan jurusan sepi peminat maupun ramai peminat. Melansir Rencanamu.id, perlu dipahami bahwa tak kata "baik" atau "buruk" dalam memilih jurusan. Semua tergantung pada kebutuhan tiap-tiap calon mahasiswa.

Bila "jumlah peminat" menjadi salah satu pertimbangan kamu dalam memilih jurusan, baiknya pikirkan dulu masing-masing keuntungannya.

Keuntungan memilih jurusan ramai peminat

1. Mampu berkompetisi di dunia kerja

Masuk suatu jurusan yang ramai peminat akan membuat kamu dianggap sebagai lulusan yang memiliki kompetensi sekaligus daya bersaing tinggi.

Baca juga: 15 Jurusan di Universitas Indonesia dengan Nilai UTBK SBMPTN Terendah

Tak hanya unggul dari sisi kepintaran, tetapi juga dianggap kuat mental menghadapi banyak pesaing dari berbagai sekolah.

2. Aplikatif

Salah satu alasan mengapa suatu jurusan menjadi ramai peminat umumnya karena ilmu yang ditawarkan oleh jurusan tersebut bersifat aplikatif dan memiliki prospek karier yang luas.

Contoh jurusan yang punya ilmu yang aplikatif adalah Ekonomi. Ilmu tersebut bisa diterapkan dalam berbagai hal seperti pengaturan anggaran di kantor, bisnis, bahkan secara perorangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X