Mengenal Jurusan Kuliah Kriminologi, Berikut Prospek Kariernya

Kompas.com - 31/01/2020, 16:31 WIB
Ilustrasi pengadilan. ThinkstockIlustrasi pengadilan.


KOMPAS.com - Jika kamu salah satu orang yang memiliki minat besar untuk mengamati dan menganalisa dunia kriminal, maka sebaiknya kamu ambil kuliah di Program Studi Kriminologi.

Tapi, tertarik dunia kriminal ini bukan diartikan sebagai pelaku kejahatan lho. Namun justru sebaliknya, kamu akan menjadi seorang kriminolog yang tugasnya menurunkan tindak kejahatan.

Sebelum berbicara lebih jauh, ada baiknya kamu tahu apa itu kriminologi. Sebenarnya, kriminologi ini asalnya dari bahasa latin. Berikut penjelasan lengkap yang dirangkum dari laman FISIP Universitas Indonesia ( UI) ini.

Baca juga: Ini Dia Jalur Masuk Kuliah UI 2020, Lengkap dengan Kuota dan Jadwal

Mengenal istilah kriminologi

Kriminologi berasal dari bahasa latin, yaitu crimen dan logos. Crimen berarti kejahatan, sementara logos berarti ilmu.

Dengan demikian, secara harfiah, kriminologi adalah ilmu pengetahuan tentang kejahatan, atau lebih tepatnya kriminologi mempelajari segala aspek tentang kejahatan.

Kriminologi dapat digolongkan sebagai disiplin ilmu yang baru muncul belakangan, namun, pembahasan mengenai kejahatan setidaknya sudah muncul sejak 250 tahun yang lalu.

Kriminologi dapat didefinisikan sebagai studi sistematis tentang sifat, jenis, penyebab, dan pengendalian dari perilaku kejahatan, penyimpangan, kenakalan, serta pelanggaran hukum.

Kriminologi adalah ilmu sosial terapan di mana kriminolog bekerja untuk membangun pengetahuan tentang kejahatan dan pengendaliannya berdasarkan penelitian empiris.

Penelitian ini membentuk dasar untuk pemahaman, penjelasan, prediksi, pencegahan, dan kebijakan dalam sistem peradilan pidana.

Meskipun sangat dipengaruhi oleh sosiologi, kriminologi juga berakar pada sejumlah disiplin ilmu lain, seperti:

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X