Kompas.com - 04/02/2020, 19:33 WIB
Ilustrasi viral, media sosial. ShutterstockIlustrasi viral, media sosial.

KOMPAS.com - Di era digital, media sosial kini tidak sekadar digunakan untuk media komunikasi. Media sosial tengah menjadi "dunia baru" bagi banyak orang, sebagai tempat berbagi informasi, hiburan, mencari kebutuhan, bahkan sebagai penghasilan tambahan.

Bahkan, tak sedikit orang yang mendapatkan penghasilan besar karena kecintaannya terhadap media sosial, tanpa memandang usia, almamater, atau IPK.

Untuk kamu mahasiswa yang aktif di media sosial, kamu sangat mungkin menjadikan media sosial sebagai sumber penghasilan. Melansir Rencanamu.id, berikut sejumlah profesi di media sosial yang bisa dicoba.

1. Asisten Media Sosial

Menurut Bussiness Insider, satu dari tiga belas pekerjaan sampingan dengan bayaran tinggi adalah asisten media sosial.

Baca juga: Kesempatan Magang PT MRT Jakarta untuk Mahasiswa D3 dan S1

Sebagai asisten media sosial, kamu akan mengelola saluran media sosial dan membantu pemasaran konten. Seorang Asisten Media Sosial bisa bekerja untuk influencer atau bekerja untuk perusahaan, namun bisa bekerja di mana saja. 

Kini, banyak influencer dan perusahaan yang mencari asisten media sosial dari kalangan mahasiswa tingkat akhir karena dinilai memiliki banyak waktu, fleksibel, hingga lebih update dan mengerti tentang tren kekinian.

Untuk gajinya, berkisar Rp 100 ribu per hari dan bisa lebih sesuai dengan besarnya tanggung jawab konten. 

2. Blogger

Untuk menjadi seorang blogger profesional, kamu perlu mempersiapkan blog semaksimal mungkin, mulai dari pemilihan konten, tampilan, target pembaca, dan lainnya.

Ada beberapa konten yang bisa kamu pilih, mulai dari kuliner, fashion, beauty, parenting, teknologi, dan apapun yang sesuai dengan minat serta bakat. Agar traffic blog semakin ramai alias banyak yang membaca, bergabunglah dalam berbagai komunitas blogger.

Tentu, semua hal tersebut harus didukung dengan ketelatenan dalam mengelola blog, sehingga bisa menghasilkan keuntungan. Penghasilan yang didapatkan dari blog biasanya berasal dari iklan, promosi, endorse atau kerja sama dengan berbagai pihak.

3. Instagrammer

Bagi kamu mahasiswa pecinta fotografi, kuliner, traveling, penikmat kopi, atau mungkin penggila make-up, mulailah berbagi pengalaman dan ilmu lewat media sosial.

Caranya, pastikan kualitas gambar yang kamu posting bagus, beri informasi menarik, berikan hashtag, dan promosikan akun kamu di sosial media lain. Lama kelamaan followers bisa bertambah, jumlah likes akan naik, dan yang berminat endorse atau paid promote bakal bermunculan.

Baca juga: Beasiswa Penuh S2/S3 di Australia, Minimal IPK 2,9

Instagramer atau istilah populernya adalah selebgram bisa menjadi profesi media sosial yang kekinian. Bayarannya mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 25 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.