Kompas.com - 04/02/2020, 20:30 WIB
SNMPTN 2020 snmptn.ac.idSNMPTN 2020

KOMPAS.com - Proses pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) saat ini memasuki tahap pengisian PDSS.

PDSS atau Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa merupakan basis data yang berisi rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa.

Setelah dibuka pada 15 Januari 2020, tahapan pengisian PDSS akan ditutup pada 8 Februari 2020 pukul 23.59 WIB.

Tahap pengisian PDSS terdiri dari masa pengisian, verifikasi, dan finalisasi data di PDSS. Setelah finalisasi data, dilanjutkan proses pemeringkatan untuk menentukan kuota (jumlah) siswa yang eligible (berhak) di sekolah masing-masing sesuai akreditasinya. 

Baca juga: LTMPT: Aktuaria Sudah jadi Prodi Favorit Calon Mahasiswa Baru

Dikutip dari laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), hingga Selasa (4/2/2020) pukul 06.20 WIB sudah ada 4.473 sekolah yang sudah melakukan pemeringkatan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara, total sekolah yang mendaftar ada 16.002 sekolah. Dengan demikian, ada 11.529 sekolah yang belum melakukan pemeringkatan.

Ketentuan Pemeringkatan Siswa

Ketentuan pemeringkatan siswa oleh sekolah Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah yang pada dasarnya memperhitungkan nilai mata pelajaran sebagai berikut: 

  1. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  2. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  3. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).

Update Data Pengisian PDSS

Berikut ini data sekolah per 4 Februari 2020 pukul 06.20 WIB:

Sekolah mengisi data: 16.002

Sekolah finalisasi PDSS: 6.294

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X