8 Kemampuan yang Kamu Pelajari di Prodi Ilmu Komunikasi

Kompas.com - 04/02/2020, 21:12 WIB
Ilustrasi mahasiswa Public Relation. KOMPAS.com/ALBERTUS ADITIlustrasi mahasiswa Public Relation.

KOMPAS.com - Ilmu Komunikasi menjadi salah satu program studi (prodi) terfavorit calon mahasiswa baru dari masa ke masa. 

Hal itu diakui oleh Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT), Budi Prasetyo Widyobroto. Ia mengatakan, tahun ini tren program studi (prodi) favorit yang menjadi pilihan calon mahasiswa di Indonesia belum bergeser dari tahun-tahun sebelumnya.

 

Ilmu Komunikasi adalah induk dari ilmu turunannya yang lain seperti Jurnalistik, Penyiaran, Hubungan Masyarakat (Public Relation), Komunikasi Pemasaran, Desain Komunikasi Visual, Periklanan (Adveritising), Performing Arts Communication, dan lain-lain.

Baca juga: 11 Prodi Favorit Calon Mahasiswa Baru di Indonesia dari Tahun ke Tahun

Pada program studi Ilmu Komunikasi, kamu akan diajarkan tentang bagaimana proses penyampaian pesan agar menjadi efektif dan dapat mencapai sasaran yang dituju.

Lalu apa saja sih kemampuan-kemampuan yang dipelajari di prodi Ilmu Komunikasi? Berikut Kompas.com rangkum dari Rencanamu.id bila kamu berencana memilih prodi Ilmu Komunikasi untuk kuliah.

1. Public Speaking

Di Ilmu Komunikasi, public speakung merupakan salah satu kemampuan dasar yang wajib dipelajari oleh mahasiswa.

Public Speaking merupakan kemampuan untuk menyampaikan pesan yang efisien dengan baik sehingga pendengar dapat memahami perkataan yang diucapkan.

Public speaking juga tak hanya sekedar berbicara, melainkan juga belajar tentang gestur tubuh.

2. Marketing

Kamy merasa punya kemampuan memasarkan sebuah produk, tetapi ingin kuliah di prodi Ilmu  Komunikasi? Kamu tetap bisa lho mengembangkan kemampuan marketingmu di prodi Ilmu Komunikasi.

Baca juga: Biaya Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi Terakreditasi A di 5 Kampus Swasta Indonesia

Di prodi Ilmu Komunikasi, kamu bisa belajar tentang kemampuan penjualan secara umum dan berlandaskan pada prinsip-prinsip pemasaran.

3. Riset

Buat kamu yang suka kegiatan riset dan analisis, prodi Ilmu Komunikasi bisa jadi pilihan. Kamu bisa akan belajar tentang riset gabungan antara soft skill dan hard skill seperti pengetahuan dan teori riset, pengolahan data serta keterampilan menganalisa dan bersikap kritis.

4. Manajemen

Kemampuan manajemen akan dipelajari di prodi Ilmu Komunikasi. Well, semua prodi di kampus pastinya belajar tentang manajemen.

Umumnya, manajemen yang dipelajari adalah mengatur waktu dan mengoordinasikan berbagai hal agar bisa efektif dan efisien.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X