7 Objek Wisata Edukasi Bandung untuk Libur Akhir Pekan

Kompas.com - 08/02/2020, 16:24 WIB
Replika fosil Gajah Blora (Elephas hysudrindricus) koleksi Museum Geologi Bandung, Jawa Barat, Selasa (24/6/2014). Merupakan gajah purba setinggi empat meter yang berasal dari era 250.000 - 200.000 tahun silam. Diangkat dari tanah lempung tepi Bengawan Solo pada 2009. KOMPAS.COM / KRISTIANTO PURNOMOReplika fosil Gajah Blora (Elephas hysudrindricus) koleksi Museum Geologi Bandung, Jawa Barat, Selasa (24/6/2014). Merupakan gajah purba setinggi empat meter yang berasal dari era 250.000 - 200.000 tahun silam. Diangkat dari tanah lempung tepi Bengawan Solo pada 2009.


KOMPAS.com - Jika Anda dan keluarga sedang berencana liburan akhir pekan, maka ada baiknya mencoba hal yang baru selain di Jakarta. Salah satunya ialah wisata di Kota Bandung.

Di Bandung, Anda dan buah hati bahkan bisa memilih tempat wisata edukasi yang menarik. Dimana saja itu tempatnya? Berikut 7 objek wisata edukasi yang cocok untuk libur akhir pekan.

1. Taman Hutan Raya IR Juanda

Di taman yang sering disingkat Tahura ini lokasinya tak jauh dari pusat Kota Bandung. Disamping menawarkan tempat yang teduh dan sejuk, Anda dan anak-anak bisa melihat burung dan monyet yang berkeliaran.

Adapula penangkaran rusa tutul di mana anak bisa bebas memberi makan. Atau jika ingin wisata sejarah, maka Anda bisa melakukan tur Goa Belanda dan Goa Jepang agar anak bisa belajar sejarah.

Baca juga: Rekomendasi 10 Tempat Wisata Anak di Bandung

Di tempat itu juga menawarkan panorama alam Bandung dari ketinggian serta ada kegiatan trekking di area tahura tersebut. Untuk tarif tiket sekitar Rp 15.000.

2. Saung Angklung Mang Udjo

Ini adalah objek wisata untuk mengenalkan ragam budaya Sunda. Jadi, anak-anak bisa belajar budaya Sunda khususnya angklung sekaligus melihat pertunjukan musik Jawa Barat.

Tak hanya itu saja, para pengunjung juga bisa mengetahui kerajinan bambu hingga workshop tentang alat musik dari bambu. Tentu kegiatan ini dapat dilakukan oleh anak-anak.

3. Museum Geologi Bandung

Jika ke Bandung, maka harus mengunjungi museum ini. Sebab, anak-anak bisa mendapatkan berbagai ilmu alam, mulai dari makhluk hidup hingga sumber daya di dunia ini.

Ada pula fosil dinosaurus yang pasti menarik buat anak-anak ketahui. Harga tiket masuk juga sangat terjangkau. Museum ini terletak di pusat Kota Bandung.

4. Observatorium Bosscha

Ini adalah salah satu objek wisata edukasi. Sebab, di Bosscha, menjadi salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X