Jadi "Fresh Graduate", Ingat 5 Hal Ini agar Siap Kerja

Kompas.com - 11/02/2020, 16:58 WIB
Ilustrasi mahasiswa lulus kuliah. ShutterstockIlustrasi mahasiswa lulus kuliah.
|

KOMPAS.com - Senang atau gembira pasti dirasakan setiap orang yang baru saja diwisuda lulus sarjana atau diploma. Tapi, rasa senang itu biasanya hanya sesaat saja. Sebab, masih ada satu "PR" yang harus dilakukan, yakni mencari pekerjaan.

Jika kamu saat ini berstatus fresh graduate dan belum mendapatkan pekerjaan. Jangan takut. Karena kamu bisa mempersiapkan diri agar siap untuk terjun di dunia kerja.

Tapi, gimana caranya agar bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan atau minat dan bakat? Sebelumnya, kamu harus memahami 5 hal ini ketika kamu menjadi fresh graduate.

Dirangkum dari Rencanamu.id, ini 5 hal bagi kamu para fresh graduate agar siap kerja:

Baca juga: Jadi Fresh Graduate di Kantor? Berikut 3 Hal yang Harus Dilakukan

1. Berani dan tidak takut gagal

Ketika kamu baru saja lulus kuliah, maka segera mencari pekerjaan sebanyak-banyaknya. Kamu harus berani mencoba dan tidak takut gagal. Jika ternyata kamu tak diterima di suatu perusahaan, maka jangan patah semangat.

Sebab, masih banyak orang yang punya pengalaman kerja tetapi juga ditolak berkali-kali ketika melamar pekerjaan. Jadi, kamu sebagai fresh graduate harus punya semangat lebih karena penolakan itu adalah hal wajar.

2. Jangan terlalu idealis

Biasanya, seorang fresh graduate memiliki idealisme yang tinggi. Ini boleh saja, tetapi jangan terlalu idealis. Diharapkan, kamu agar tidak melupakan realita.

Hal ini bisa dicontohkan ketika kamu memiliki band dan sudah sukses, tetapi kamu hendaknya tidak melupakan realita bahwa kamu juga butuh pekerjaan yang tetap. Jadi, boleh saja mengejar idealisme tetapi jangan melupakan realita ya.

3. Harus maksimalkan usaha

Jika kamu sebelumnya mencari pekerjaan hanya lewat lowongan kerja di internet saja. Maka sekarang kamu juga harus memaksimalkan usahamu. Caranya dengan mencari info job fair dan mendatanginya.

Di sana, tentu ada banyak info lowongan pekerjaan. Kamu juga bisa langsung mengikuti tes jika ada perusahaan yang membuka tes secara langsung, seperti tes tulis atau wawancara.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X