Jadi "Fresh Graduate" di Kantor? Berikut 3 Hal yang Harus Dilakukan

Kompas.com - 03/02/2020, 12:37 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi


KOMPAS.com - Ketika kamu baru saja lulus kuliah atau  fresh graduate dan langsung mendapat pekerjaan tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Tapi tunggu dulu, ada persoalan lain menyangkut siap tidaknya kamu kerja di kantor.

Biasanya, ketika baru lulus kuliah kamu akan menjadi yunior atau yang paling muda di kantormu. Kamu bahkan bisa pula merasa minder karena menjadi karyawan paling muda di kantor itu.

Lantas, bagaimana caranya agar kamu bisa merasa enjoy kerja di kantor meski jadi karyawan paling muda. 

Jangan khawatir, berikut ada 3 hal yang harus kamu perhatikan ketika menjadi yang paling muda dan berstatus fresh graduate di kantor. Berikut rangkuman dari laman Universitas Diponegoro ( Undip).

Baca juga: 5 Alasan Bekerja di Perusahaan Startup saat Lulus Kuliah

1. Coba akrab dengan senior

Menjadi orang yang paling muda di kantor tentu menyenangkan. Tapi terkadang juga membuat kita menjadi segan terhadap senior atau atasan kita.

Nah, yang perlu dilakukan ketika kamu menjadi orang yang paling muda di kantor adalah mencoba mengakrabkan diri dengan senior. Caranya bisa seperti mencari topik pembicaraan yang pas.

Atau kamu bisa pula menawarkan diri untuk membuatkan teh, kopi atau membelikan makanan agar timbul rasa akrab dan percaya dari senior kepada kamu.

2. Cari cara baru yang kreatif

Saat ini, generasi muda dituntut secara kreatif untuk menciptakan inovasi dan juga hal-hal yang baru. Sebagai generasi muda di kantor, kamu harus bisa menemukan cara baru untuk meningkatkan kemampuan dan bereskperimen.

Salah satunya adalah mengajak pegawai atau senior lain untuk mengadakan games di akhir pekan, sehingga dapat menghilangkan kejenuhan di tegah sibuknya pekerjaan kantor.

Cara ini juga bisa menumbuhkan keakraban antara senior dan yunior, atau antara karyawan muda dengan yang lebih tua.

Tapi, jika kamu membuat kegiatan harus menarik minat semua karyawan. Dan kegiatan itu juga harus disetujui oleh atasanmu.

3. Samakan harapan dengan atasan

Bagi generasi muda tentu dituntut untuk visioner dalam menghadapi segala pekerjaan kantor. Oleh karena itu kamu harus menentukan tujuan kamu seperti yang telah ditugaskan oleh atasanmu.

Baca juga: 4 Cara Bangun Karier Saat Lulus Kuliah di Tahun 2020

Ini dilakukan agar arah dan hasil kerjamu akan lebih terarah. Dan tentunya kamu bisa mendapat kenaikan jabatan yang lebih cepat. Namun semua harus kamu jalani sesuai aturan ya.

Diharapkan, dari tiga tips tersebut bisa menjadi solusi bagi kamu yang saat ini atau nanti seandainya kamu menjadi yang paling muda atau berstatus fresh graduate di kantor.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X