Kompas.com - 03/02/2020, 12:37 WIB


KOMPAS.com - Ketika kamu baru saja lulus kuliah atau fresh graduate dan langsung mendapat pekerjaan tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Tapi tunggu dulu, ada persoalan lain menyangkut siap tidaknya kamu kerja di kantor.

Biasanya, ketika baru lulus kuliah kamu akan menjadi yunior atau yang paling muda di kantormu. Kamu bahkan bisa pula merasa minder karena menjadi karyawan paling muda di kantor itu.

Lantas, bagaimana caranya agar kamu bisa merasa enjoy kerja di kantor meski jadi karyawan paling muda. 

Jangan khawatir, berikut ada 3 hal yang harus kamu perhatikan ketika menjadi yang paling muda dan berstatus fresh graduate di kantor. Berikut rangkuman dari laman Universitas Diponegoro (Undip).

Baca juga: 5 Alasan Bekerja di Perusahaan Startup saat Lulus Kuliah

1. Coba akrab dengan senior

Menjadi orang yang paling muda di kantor tentu menyenangkan. Tapi terkadang juga membuat kita menjadi segan terhadap senior atau atasan kita.

Nah, yang perlu dilakukan ketika kamu menjadi orang yang paling muda di kantor adalah mencoba mengakrabkan diri dengan senior. Caranya bisa seperti mencari topik pembicaraan yang pas.

Atau kamu bisa pula menawarkan diri untuk membuatkan teh, kopi atau membelikan makanan agar timbul rasa akrab dan percaya dari senior kepada kamu.

2. Cari cara baru yang kreatif

Saat ini, generasi muda dituntut secara kreatif untuk menciptakan inovasi dan juga hal-hal yang baru. Sebagai generasi muda di kantor, kamu harus bisa menemukan cara baru untuk meningkatkan kemampuan dan bereskperimen.

Salah satunya adalah mengajak pegawai atau senior lain untuk mengadakan games di akhir pekan, sehingga dapat menghilangkan kejenuhan di tegah sibuknya pekerjaan kantor.

Cara ini juga bisa menumbuhkan keakraban antara senior dan yunior, atau antara karyawan muda dengan yang lebih tua.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.