4 Jurus Jitu Siap Menghadapi UTBK 2020

Kompas.com - 12/02/2020, 16:42 WIB
Salah satu peserta UTBK 2019 Gelombang 1 di Universitas Negeri Yogyakarta (4/5/2019). Dok. Kompas.comSalah satu peserta UTBK 2019 Gelombang 1 di Universitas Negeri Yogyakarta (4/5/2019).

KOMPAS.com - Sebentar lagi pendaftaran SBMPTN akan dibuka. Artinya pelaksanaan UTBK 2020 juga semakin dekat. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, hasilnya tentu akan kurang memuaskan.

Edutore, platform belajar online dari Gramedia memiliki beberapa "jurus jitu" yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan UTBK 2020.

Buat kamu yang akan menghadapi UTBK, yuk simak 4 tips di bawah ini:

1. Mengerjakan soal UTBK tahun sebelumnya

Pertanyaan yang muncul pada saat ujian umumnya memiliki pola yang tidak jauh berbeda setiap tahunnya. Kamu bisa mengukur tingkat penguasaan materi dengan mengerjakan soal-soal UTBK tahun sebelumnya.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui sejauh mana kesiapan diri kamu dalam menghadapi tes UTBK ini.

Baca juga: Pendaftaran Akun LTMPT untuk UTBK SBMPTN Diundur, Ini Jadwal Baru LTMPT

 

Bagi kamu yang kesulitan mengumpulkan soal-soal UTBK tahun-tahun sebelumnya, kamu bisa akses di edutore.com. Ada berbagai pilihan modul SBMPTN 2020 yang bisa kamu kerjakan untuk mengukur kesiapan diri.

Nah, karena modulnya ada banyak, kamu bisa mengerjakannya berkali-kali sampai kamu paham.

2. Review materi yang belum dikuasai

Setalah kamu mengerjakan latihan soal dari tahun sebelumnya, kamu bisa mengetahui sejauh mana kesiapan kamu untuk mengikuti tes UTBK serta mengetahui bentuk pertanyaan apa yang sulit dan belum kamu kuasai.

Setelah itu, tinjau ulang dari soal-soal tersebut materi apa saja yang perlu kamu pelajari lebih dalam lagi. Catat materi yang harus dikuasai dan mulai mempelajari materi. Selanjutnya, setelah mengetahui apa saja materi yang perlu diperdalam lagi.

Kamu bisa membuat dalam bentuk catatan secara rinci. Misalnya, mencantumkan materi apa yang sulit, contoh pertanyaan yang sulit, cara apa yang akan kamu lakukan untuk memperdalam materi tersebut, dan target menyelesaikan pendalaman materi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X