Daftar Akun LTMPT untuk UTBK 2020 Segera Dibuka, Ini Alur dan Link Pendaftaran

Kompas.com - 06/02/2020, 11:32 WIB
Salah satu peserta UTBK 2019 Gelombang 1 di Universitas Negeri Yogyakarta (4/5/2019). Dok. Kompas.comSalah satu peserta UTBK 2019 Gelombang 1 di Universitas Negeri Yogyakarta (4/5/2019).

KOMPAS.com - Melalui situs resmi LTMPT, pendaftaran akun untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan dimulai 17 Februari - 5 April 2020. Tanpa mendaftar akun, maka kamu tak bisa mendapatkan kartu ujian UTBK.

UTBK merupakan tes masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) yang dilaksanakan oleh LTMPT. LTMPT sendiri menjadi satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Hasil UTBK akan digunakan sebagai syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN). Pendaftaran SBMPTN berlangsung pada 2 Juni - 13 Juni 2020 setelah hasil UTBK keluar.

UTBK 2020 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020.

Baca juga: PTN Paling Sulit Ditembus di SBMPTN, Intip Skor UTBK dan Keketatannya

Berikut 7 alur registrasi UTBK 2020:

1. Registrasi akun LTMPT

Registrasi akun Siswa LTMPT untuk UTBK SBMPTN menggunakan NISN, NPSN, dan
Tanggal Lahir. Dilaksanakan mulai tanggal 07 Februari 2020 dan berakhir pada 05 April 2020. Registrasi dilakukan di laman https://portal.ltmpt.ac.id.

2. Login

Selanjutnya siswa melakukan login menggunakan username/email dan password ke laman https://portal. ltmpt.ac.id.

Baca juga: 15 Jurusan di Universitas Indonesia dengan Nilai UTBK SBMPTN Terendah

3. Verifikasi dan Validasi Data

Selanjutnya pilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa untuk mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.

4. Pendaftaran UTBK

Lanjutkan dengan memilih menu Pendaftaran UTBK. Memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.

5. Membayar UTBK

Pembayaran UTBK dilakukan langsung di Bank Mandiri, BNI, atau BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.

Baca juga: Nilai Rata-rata UTBK Prodi Soshum Favorit di UI, UGM dan ITB

6. Login kembali

Melakukan login kembali ke laman https://portal.ltmpt.ac.id, memilih menu "Pendaftaran UTBK" untuk mencetak kartu peserta UTBK.

7. Catat jadwal ujian

Setelah kartu dicetak, simpan kartu dan gunakan untuk mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber LTMPT
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X