Kompas.com - 12/02/2020, 16:46 WIB
|


KOMPAS.com - Bagi siswa kelas VI SD, ujian sekolah diselenggarakan beberapa bulan lagi. Agar mendapatkan nilai sesuai harapan, maka sebaiknya belajar dari sekarang.

Belum lama ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan kisi-kisi untuk pembuatan soal ujian sekolah bagi SD tahun pelajaran 2019/2020.

Kisi-kisis penulisan soal Ujian Sekolah/Madrasah Berstandar Daerah (US/M-BD) Tahun Pelajaran 2019/2020 itu ditayangkan di laman resmi Disdik Provinsi DKI Jakarta pada 6 Februari 2020.

Jadi, sebaiknya siswa kelas VI SD agar belajar dari kisi-kisi ujian SD tersebut. Jika sebelumnya Kompas.com menyampaikan kisi-kisi mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia, kali ini akan disampaikan kisi-kisi Matematika.

Baca juga: Giliran SD, Ini Kisi-kisi Ujian Sekolah 2020, Mapel Bahasa Indonesia

1. Bilangan

Materi

a. Operasi hitung bilangan cacah

  • Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah. (yang terdiri dari 4 angka atau lebih).
  • Siswa dapat menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah berkaitan dengan kegiatan jual beli.

b. Operasi hitung bilangan bulat

  • Siswa dapat menentukan operasi hitung campuran (penjumlahan dan penggurangan) bilangan bulat (minimal tiga bilangan dua angka).

c. Operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga

  • Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumahan atau pengurangan bilangan pangkat tiga dan akar pangkat tiga.
  • Siswa dapat menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung bilangan pangkat dua atau akar pangkat dua.

d. KPK dan FPB

  • Siswa menentukan KPK dari tiga bilangan, dua angka dalam bentuk faktorisasi.
  • Siswa dapat menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan FPB yang bertemakan pendidikan.

e. Pecahan

  • Siswa dapat mengurutkan pecahan dari besar ke kecil atau sebaliknya yang terdiri dari empat bilangan yang melibatkan berbagai bentuk pecahan.
  • Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa dan campuran.
  • Siswa dapat menentukan hasil perkalian atau pembagian dua bilangan pecahan desimal (dua angka di belakang dan satu angka di belakang koma).
  • Siswa dapat menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung bilangan pecahan persen yang bertemakan kegiatan ekonomi.

Baca juga: Kisi-kisi UN 2020 SMALB Ketunaan Daksa: Mapel Matematika

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.