Anak Sulit Berhitung? Ini 3 Cara Atasinya

Kompas.com - 16/02/2020, 18:15 WIB
ilustrasi anak belajar shutterstockilustrasi anak belajar
|


KOMPAS.com - Banyak yang beranggapan bahwa pelajaran matematika menjadi momok menakutkan bagi anak. Sebab, dalam kehidupan sehari-hari saja anak-anak sering mengalami kesulitan dalam berhitung.

Sekalipun bahwa itu hanya penjumlahan atau pengurangan, tetapi anak merasa sulit. Hal ini menjadikan anak malas dan cenderung putus asa untuk mengerjakan soal tersebut.

Memang matematika itu sulit. Bahkan sampai ada anak yang sangat membenci dengan pelajaran matematika. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa matematika sulit untuk dipahami.

Padahal, matematika itu hidup berdampingan dengan kita. Seharusnya kita mudah dalam memahami dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.Baca juga: 4 Metode Belajar yang Efektif Buat Kamu

Perlu diketahui, matematika menjadi ilmu dasar dalam kehidupan sehari-hari. Semua ilmu tidak bisa lepas dari ilmu matematika. Orang yang pintar adalah orang yang bisa matematika.

Hal ini terkadang menjadikan orangtua menuntut anaknya untuk pintar dalam matematika. Tetapi, karena kurangnya pengetahuan dan lemahnya konsep matematika hal ini menjadi beban bagi anak.

Agar anak Anda mau belajar matematika atau berhitung, berikut 3 cara untuk mengatasi anak kesulitan berhitung yang dirangkum dari laman Ruang Guru PAUD Kemendikbud RI.

1. Buat konsep belajar menyenangkan

Belajar sebenarnya bisa dilakukan di mana saja dan dengan siapa saja. Tidak harus di bangku sekolah, tetapi belajar matematika untuk anak bisa di lingkungan sekitar kita.

Dalam hal ini peranan orangtua dalam mengajarkan anaknya pengetahuan dasar sangat penting, seperti angka, macam-macam bentuk, macam-macam warna, dan hal dasar lainnya.

Ini menjadi dasar atau pengantar anak untuk memasuki sekolah. Sering kita jumpai dalam dunia pembelajaran, seorang guru mengajarkan suatu ilmu pengetahuan dengan konsep yang monoton. Sehingga, anak akan cepat bosan.

Ketika di rumah, anak coba diajak belajar tentang cara menghitung jumlah mainan kita satu persatu lalu memasukannya dalam keranjang. Hal ini bisa dilakukan setiap ada waktu senggang atau setelah anaknya selesai bermain.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X