Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2020, 10:00 WIB
Albertus Adit

Penulis


KOMPAS.com - Setelah melalui proses yang cukup panjang dan kerjasama yang solid, akhirnya dua korban kecelakaan air di Sungai Sempor, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil ditemukan.

Dua korban terakhir tragedi hanyutnya anggota Pramuka SMP Negeri 1 Turi, Sleman, di Sungai Sempor, pada Jumat (21/2/2020) akhirnya ditemukan pada Minggu (22/2/2020) pagi.

Setelah sebelumnya korban kesembilan ditemukan sekitar pukul 05.30 WIB, dan korban kesepuluh ditemukan sekitar pukul 07.05 WIB pada Minggu (23/2/2020) pagi ini.

Baca juga: Kejadian di SMPN 1 Turi, Kwarnas Gerakan Pramuka Sampaikan Ini...

Untuk lokasi penemuan kedua korban di DAM Mantras. Kedua korban lalu dibawa ke RS Bhayangkara DIY untuk dilakukan identifikasi (DVI) lebih lanjut.

Dengan telah ditemukannya seluruh korban, maka operasi dinyatakan ditutup, dan seluruh potensi SAR dikembalikan di unsur masing masing.

"Kepada seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan operasi SAR disampaikan penghargaan dan terimakasih setinggi-tingginya. Kami dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka juga turut memberikan ucapan duka cita yang mendalam kepada keluarga korban," ujar Guritno, Kepala Pusat Informasi Nasional Gerakan Pramuka, kepada Kompas.com, Minggu (23/2/2020).

Kronologi

Diberitakan sebelumnya, Jumat 21 Februari 2020 pukul 15:00 WIB dilakukan kegiatan alam bebas susur sungai oleh SMPN 1 Turi di daerah aliran Sungai Sempor, Donokerto, Turi, Sleman.

Siswa melakukan susur sungai, namun karena cuaca di daerah hulu sungai hujan, air sungai meningkat debitnya dan menghayutkan siswa yang sedang melakukan kegiatan susur sungai sehingga menimbulkan kepanikan dan upaya penyelamatan.

Baca juga: Kwarnas: Musibah di SMPN 1 Turi Itu Kegiatan Sekolah atau Pramuka?

Dampak

1. Total siswa: 249 (Kelas 7: 124 Siswa & Kelas 8: 125 Siswa)

2. Konfirmasi Selamat: 216 Siswa

3. Konfirmasi Luka: 23 Siswa

4. Meninggal Dunia: 10 Siswa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com