Beasiswa Institut Teknologi Harapan Bangsa S1, Senilai Rp 135 Juta

Kompas.com - 23/02/2020, 10:06 WIB
- -

KOMPAS.com - Beasiswa Gerakan Gereja Belajar (GGB) kembali hadir tahun 2020 dan memberi kesempatan kepada 75 calon mahasiswa potensial yang aktif melayani, perlu dibantu secara finansial, dan berprestasi secara akademis dari seluruh gereja di Indonesia.

Beasiswa diberikan untuk kuliah Sarjana (S1) di Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) yang berdiri sejak 2002 di Kota Bandung mulai tahun akademik 2020-2021.

Beasiswa diberikan penuh selama 8 semester dalam rangka mempersiapkan pemimpin-pemimpin Kristen yang siap melayani masyarakat, seperti yang telah dibuktikan ribuan lulusan ITHB di berbagai belahan dunia.

Cakupan

Beasiswa diberikan penuh selama 8 semester dan mencakup:

Baca juga: Beasiswa Universitas Pertahanan, Biaya Kuliah dan Hidup Dijamin Penuh

  • Biaya Formulir.
  • Biaya Pengembangan.
  • Biaya Tetap.
  • Biaya SKS.
  • Biaya Praktikum dan CRC.
  • Biaya Kemahasiswaan.
  • Biaya Orientasi, Biaya Outbond dan Camp.
  • Biaya Test Kesehatan.
  • Biaya Buku Referensi Utama Mata Kuliah Bahasa Inggris.

Nilai beasiswa di atas berkisar antara 120-135 juta rupiah per orang (tergantung program studi).

Biaya-biaya lain yang tidak tercantum di atas (biaya sertifikasi, biaya wisuda, dan biaya lainnya yang dibayar oleh mahasiswa non beasiswa), ditanggung oleh mahasiswa penerima beasiswa.

Apabila mahasiswa menempuh kuliah lebih dari batas waktu 8 semester, maka mahasiswa wajib membayar biaya kuliah seperti mahasiswa reguler (non beasiswa) untuk semester sesudah batas waktu.

Setelah dinyatakan lolos, calon mahasiswa membayar biaya administrasi sebesar Rp500 ribu.

Syarat peserta

  1. Calon mahasiswa adalah siswa sekolah mitra ITHB atau yang dipilih dari seluruh Indonesia.
  2. Beasiswa tersedia untuk program studi bidang teknik dan bisnis sesuai kuota (kecuali prodi DKV, FAD, dan OLB).
  3. Calon mahasiswa lulus SMA/SMK dalam 3 tahun terakhir (tahun 2020, 2019, 2018).
  4. Calon mahasiswa mengikuti Tes Potensi Akademik. Untuk calon mahasiswa dari luar Kota Bandung, akan dilakukan Tes Online dengan melampirkan surat keterangan yang menyebutkan nama dan jabatan pengawas tes dari gereja (interdedominasi) calon mahasiswa, dilengkapi dengan tanda tangan dan stempel gereja.
  5. Calon mahasiswa mengikuti wawancara (penampilan, semangat, kepercayaan diri, presentasi).
  6. Calon mahasiswa mendapat rekomendasi dari gereja (interdedominasi) yang menyatakan bahwa siswa aktif dalam pelayanan, berkarakter baik, punya semangat dan keinginan dalam bekerja/pelayanan.
  7. Calon mahasiswa mendapat rekomendasi dari sekolah yang menyatakan siswa tersebut ranking 10 besar umum, berkarakter baik dan memiliki motivasi tinggi untuk berprestasi.
  8. Calon mahasiswa melampirkan bukti mengikuti kegiatan sekolah (ekskul/OSIS), organisasi gereja (interdedominasi) (contoh: pengurus YOUTH), memenangkan lomba (bila ada) akan menjadi nilai tambah.
  9. Seleksi dilakukan berdasarkan penilaian dalam poin nomor 4-8 di atas. Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 22 Mei 2020.

Baca juga: Beasiswa S2 Malaysia, Usia Maksimal 40 dan Tunjangan Bulanan Rp 5 Juta

Tahapan beasiswa GGB 2020

  1. Tahap pertama: Mengisi formulir pendaftaran online.
  2. Tahap kedua: Melengkapi dokumen.
  3. Tahap ketiga: Mengikuti online assessment. (Dalam online assessment, peserta akan mengerjakan soal-soal logika, matematika, analisis, dan bahasa Inggris. Selain itu, setiap peserta diwajibkan untuk mengikuti tes kepribadian secara online.)
  4. Tahap keempat: Mengirimkan essay. (Topik essay akan diberikan lewat email.)
  5. Tahap kelima: Mengikuti wawancara online. (Setiap peserta yang lolos di tahap ini akan diundang untuk mengikuti wawancara secara online.)

Pendaftaran

Pendaftaran dan informasi lengkap seputar beasiswa dapat diakses melalui https://ithb.ac.id/ggb-2-2/#daftar-ggb.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X