Wapres Ma'ruf Amin Harapkan Guru Jadi Pendidik Akhlak Mulia

Kompas.com - 23/02/2020, 14:58 WIB
Wapres Maruf Amin dalam Konferensi Kerja Nasional PGRI yang berlangsung dari tgl 21-23 Februari 2020 mengangkat tema ?Peran Strategis PGRI dalam mewujudkan SDM Indonesia Unggul?. DOK. HUMAS SETWAPRESWapres Maruf Amin dalam Konferensi Kerja Nasional PGRI yang berlangsung dari tgl 21-23 Februari 2020 mengangkat tema ?Peran Strategis PGRI dalam mewujudkan SDM Indonesia Unggul?.

KOMPAS.com - Dalam melahirkan SDM unggul, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan guru diharapkan mengambil peran tidak hanya sebagai pengajar namun juga sebagai  pendidik yang menanamkan akhlak mulia.

" Guru dituntut tidak sekadar mengajar tetapi guru juga menjadi pendidik yang menanamkan akhlak mulia. Akhlakul karimah bagi murid-muridnya sehingga dapat menangkal nilai-nilai buruk dari modernisasi dan globalisasi," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Pesan ini disampaikan Wapres Ma'ruf Amin dalam Konferensi Kerja Nasional PGRI yang berlangsung dari tgl 21-23 Februari 2020 mengangkat tema “Peran Strategis PGRI dalam mewujudkan SDM Indonesia Unggul”.

Guru jadi "jembatan ilmu"

Baca juga: Wapres Maruf Amin Minta Guru Beradaptasi di Era Revolusi Industri 4.0

Dalam kesempatan sama Wapres menyampaikan guru menjadi garda terdepan dalam menyiapkan sumber daya manusia unggul Indonesia. Oleh karena itu, guru dituntut untuk profesional dan mempunyai kompetensi memadai.

"Guru harus dapat menjadi panutan dan sumber inspirasi bagi murid-muridnya. Guru memang bukan sumber ilmu pengetahuan, tetapi guru harus dapat menjadi jembatan ilmu bagi murid-muridnya," tegas Wapres.

Ia menambahkan, "Di era industri 4.0 seperti saat ini, guru harus mengikuti perkembangan teknologi dan informasi. Guru dalam mengajar harus lebih fleksibel, kreatif, menarik dan lebih menyenangkan."

Ia berharap guru harus selalu berupaya meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Lebih lanjut ia menyampaikan pemerintah menyadari peran strategis guru dalam menyiapkan sumber daya manusia Indonesia unggul.

"Oleh karena itu Pemerintah berupaya untuk terus memperbaiki kondisi Pendidikan, khususnya kesejahteraan guru tanpa mengurangi kualitas dan kompetensi guru," ujarnya.

Duduk bersama atasi persoalan

Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Prof. Unifah Rosyidi di sela-sela acara Konferensi Kerja Nasional PGRI 2020.DOK. PGRI Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Prof. Unifah Rosyidi di sela-sela acara Konferensi Kerja Nasional PGRI 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X