Kompas.com - 02/03/2020, 16:05 WIB
|

KOMPAS.com - Proses pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 telah ditutup pada 27 Februari 2020 kemarin. Untuk pengumumannya masih harus menunggu 4 April 2020.

Jika kamu ikut SNMPTN 2020 dan saat ini masih menunggu pengumuman, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut. Apa saja itu? Merangkum dari Rencanamu.id, ada 5 hal yang harus kamu pahami setelah ikut pendaftaran SNMPTN 2020 atau ini kelanjutannya.

Tetapi, ini berlaku bagi calon mahasiswa yang tidak membutuhkan dukungan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) dan sudah melakukan finalisasi serta cetak kartu. Sehingga tidak perlu mengurus pendaftaran KIP Kuliah.

Baca juga: Tata Cara Daftar KIP Kuliah untuk SNMPTN 2020

Namun, jika calon penerima KIP Kuliah sudah selesai mengurus KIP Kuliah, 5 hal ini juga bisa menjadi panduan jika seandainya tidak lolos SNMPTN 2020, maka bisa mencoba SBMPTN 2020.

Berikut 5 hal kelanjutannya:

1. Tahapan pendaftaran SBMPTN harus dicermati

Karena persaingan masuk perguruan tinggi negeri terlebih pada jalur SNMPTN cukup tinggi, maka tidak ada salahnya jika kamu mempersiapkan diri untuk ikut jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020.

Sebaiknya, kamu memantau tahapan pendaftaran SBMPTN 2020 di laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Selain itu, juga dipantau tanggal-tanggal penting serta tata cara pelaksanaan dalam tahapan SBMPTN 2020.

Misalnya saja informasi seputar kampus, program studi yang ada hingga keketatan masuk di tiap prodi itu. Kamu bisa membandingkan daya tampung yang ada dengan jumlah peminat pada tahun sebelumnya.

2. Siapkan diri hadapi UTBK

Pada proses SBMPTN menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Karena itu, kamu harus belajar soal-soal UTBK yang sudah ada di internet.

Kamu juga bisa ikut bimbingan belajar, belajar bersama dengan teman mengenai materi UTBK dan lain-lain. Jadi siapkan dirimu agar sukses di UTBK nanti.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.