Agar Terhindar Virus Corona, Perhatikan 6 Hal Ini dari Akademisi

Kompas.com - 03/03/2020, 15:28 WIB
Ilustrasi istirahat SHUTTERSTOCKIlustrasi istirahat
|

KOMPAS.com - Wabah virus corona yang menjalar ke berbagai negara harus diantisipasi sebaik mungkin. Terlebih dengan adanya dua WNI yang tertular virus corona menjadi peringatan bagi siapa saja.

Namun, pemerintah terus memberikan imbauan agar masyarakat tetap tenang dan menjaga kebersihan diri. Maka, imbauan ini harus dijalankan oleh masyarakat.

Hanya saja, bagaimana menjaga kebersihan diri tersebut? Apa yang harus dilakukan untuk mencegah tertularnya virus corona? Jika ingin tahu, maka berikut ini disampaikan 6 hal dari Akademisi Universitas Esa Unggul Jakarta, dr Cri Sajjana Prajna Wekadigunawan, Ph.D atau dr Weka.

Baca juga: Cegah Tertular Virus Corona, Akademisi Esa Unggul: Tubuh Harus Fit!

1. Masyarakat jangan panik

Dengan adanya dua WNI asal Depok yang terjangkit virus corona, masyarakat khususnya yang tinggal di Depok agar tidak panik. Virus corona menular jika ada kontak fisik dengan penderita.

Kontak fisik dimaksud ialah jika penderita bersalaman dengan orang. Tapi, jika orang yang diajak bersalaman memiliki kekebalan tubuh yang baik atau dalam kondisi tubuh yang fit, maka orang yang fit itu tidak mudah tertular virus corona.

2. Kekebalan tubuh ditingkatkan

Untuk mencegah tertular virus corona, maka seseorang harus menjaga kondisi tubuh yang fit. Atau kekebalan tubuhnya ditingkatkan. Lantas bagaimana caranya?

Caranya ialah:

  • Makan makanan bergizi
  • Makan buah
  • Makan sayuran
  • Perbanyak vitamin
  • Kalau perlu tambah suplemen
  • Berolahraga
  • Istirahat yang cukup

3. Istirahat cukup

Menurut dr Weka, istirahat yang cukup ini ialah tidur pada malam hari idealnya selama 8 jam. Jika orang tidur pada pukul 21.00 maka idealnya harus bangun pada pukul 05.00 pagi.

"Untuk beberapa lansia yang mengalami susah tidur, maka dengan tidur terlelap saja selama 4 atau 5 jam, maka sudah dianggap istirahat yang cukup," ujar dr Weka saat dihubungi Kompas.com, Selasa (3/2/2020).

Jika tidur cukup, lanjut dr Weka, maka sel-sel yang ada di tubuh seseorang akan diperbarui. Karena itulah, sebisa mungkin seseorang harus beristirahat yang cukup terlebih setelah melakukan aktivitas sehari-hari.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X