Tak Hanya SNMPTN dan SBMPTN 2020, Ini Jalur Masuk UI serta Jadwal Pendaftaran

Kompas.com - 04/03/2020, 13:15 WIB
Mahasiswa yang diwisuda dari program profesi, spesialis, magister, dan doktor Universitas Indonesia (UI) pada Sabtu (31/8/2019) di Balairung UI, Kampus Depok. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAMahasiswa yang diwisuda dari program profesi, spesialis, magister, dan doktor Universitas Indonesia (UI) pada Sabtu (31/8/2019) di Balairung UI, Kampus Depok.

KOMPAS.com - Bila Universitas Indonesia ( UI) menjadi salah satu kampus impian kamu, ternyata jalur masuknya tak hanya sebatas seleksi nasional perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

Di tahun 2020, UI membuka sejumlah jalur yang bisa dipilih sebagai strategi untuk bisa menjadi mahasiswa "berjaket kuning" untuk tahun ajaran 2020/2021.

"Jalur masuk UI tidak hanya SNMPTN dan SBMPTN, tapi masih banyak jalur masuk UI lainnya. Yuk, kenali program studi (jurusan) yang kamu inginkan, kemudian cari tahu ada di program pendidikan apa (apakah S1 Reguler, S1 Pararel, S1 Kelas Internasional, Vokasi/ D3), lalu kamu bisa atur strategi terbaik untuk masuk ke UI," kata akun Instagram resmi @univ_indonesia.

Lewat akun tersebut serta laman resmi, pihak UI juga menerangkan bahwa kuota setiap jalur masuk UI tidak memperebutkan kursi yang sama.

Baca juga: Daya Tampung UNAIR di SBMPTN 2020, Ada 5 Prodi Teknik Baru

“Jadi, semakin banyak jalur masuk yang kamu ikuti, maka semakin besar peluang kamu untuk diterima kuliah di UI,” lanjut akun tersebut.

S1 reguler

S1 reguler bisa kamu tempuh melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan SIMAK-UI (Seleksi Masuk UI). SIMAK adalah ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI.

Ujian SIMAK dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia (Jakarta, Tangerang, Tangsel, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, Makassar) untuk seluruh program pendidikan yang ada di UI, mulai Program Vokasi (D3), Sarjana Kelas Paralel, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor.

Baca juga: 25 Prodi Universitas Brawijaya dengan Kuota Besar di SBMPTN 2020

Sedangkan ujian SIMAK Sarjana Kelas Internasional dan Sarjana Ekstensi diselenggarakan pada waktu yang berbeda.

Kuota untuk masing-masing jalur di S1 reguler yakni:

  • SIMAK kuota 50 persen.
  • SNMPTN kuota 20 persen.
  • SBMPTN kuota 30 persen.

S1 pararel

S1 pararel dapat kamu tempuh melalui jalur SIMAK dan Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB). PPKB UI adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya berdasarkan pencapaian prestasi akademis oleh siswa selama menempuh pendidikan di sekolah (SMA/SMK/MA).

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X