Belajar dari Langkah Taiwan Redam Kegalauan Masalah Covid-19

Kompas.com - 04/03/2020, 17:52 WIB
Tangkapan layar laman Taiwan Ministry of Foreign Affairs terkait penanganan Covid-19 DOK. Taiwan Ministry of Foreign Affairs Tangkapan layar laman Taiwan Ministry of Foreign Affairs terkait penanganan Covid-19

Oleh: Rahmandhika Firdauzha Hary Hernandha

KOMPAS.com - Sejak penghujung tahun 2019 hingga awal 2020 dunia telah dihebohkan dengan kehadiran varian makhluk jenis baru bernama Covid-19.

Makhluk kecil yang serupa dengan pendahulunya, para penyebab wabah MERS dan SARS, di beberapa tahun ke belakang ini berhasil menggoyahkan dunia kesehatan hingga ekonomi.

Banyak negara telah dibuat panik dan geger akibat kehadirannya. Termasuk di negeri setengah tirai bambu, Taiwan.

Hingga awal Maret 2020 Taiwan telah mengumumkan bahwa lebih dari 40 orang warganya positif terjangkit Covid-19, atau sekitar 0.00018 persen dari seluruh total populasinya.

Cukup kecil bukan? Akan tetapi, Taiwan Centers for Disease Control (Taiwan CDC) gencar melakukan berbagai macam kampanye dan upaya-upaya pencegahan penyebaran serta edukasi sederhana, terkait apa saja yang bisa dilakukan masyarakat, secara masif dan kreatif.

Dari mulai poster-poster berwarna-warni dengan model kartun jenis "chibi", pun juga menggunakan simbolisasi kelucuan hewan anjing sebagai bahan kampanye kesehatan.

Selain aksi-aksi yang dilakukan oleh otoritas tertinggi Kementerian Kesehatan Taiwan, trigger dalam melakukan tindakan nyata untuk mengatasi sekaligus meredam fenomena-fenomena yang timbul di masyarakat akibat merebaknya Covid-19 juga dilakukan oleh berbagai pihak.

Kira-kira apa saja ya? Yuk kita telusuri!

1. Meningkatkan produksi masker dan penunjang kesehatan

Dilansir dari beberapa media arus utama di Taiwan, seperti Radio Taiwan International, TaiwanNews, dan Focus Taiwan, dimulai awal Maret 2020 ini, pihak perusahaan penyedia alat-alat kesehatan (alkes) yang digawangi Taiwan Machine Tool & Accessory Builders' Association (TMBA) yang terdiri atas lebih dari 30 perusahaan permesinan, yang dikoordinasi langsung oleh Taiwan Industrial Technology Research Institute (ITRI), akan meningkatkan produksi masker untuk keperluan dalam negeri hingga sepuluh juta lembar per hari.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X