Tak Ikut Panik Hadapi Virus Corona, Para Siswa SD Ini Buat Empon-Empon hingga Poster

Kompas.com - 08/03/2020, 17:11 WIB
Para siswa dokter kecil SDN Gumilir 06, Cilacap mempraktikkan membuat ramuan empon-empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan virus. DOK. TANOTO FOUNDATIONPara siswa dokter kecil SDN Gumilir 06, Cilacap mempraktikkan membuat ramuan empon-empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan virus.

KOMPAS.com - Indonesia secara resmi mengumumkan setidaknya sudah ada 6 pasien mengidap virus corona atau Covid-19 (8/3/2019).

Pengumuman kasus pertama pasien virus corona Indonesia (2/3/2020) sempat menimbulkan kekhawatiran dalam berbagai sektor, termasuk bidang pendidikan baik sekolah maupun kampus.

Beberapa sekolah kemudian melakukan kegiatan edukasi guna memberikan penjelasan tentang virus corona kepada siswa, orangtua dan masyarakat agar tidak ikut latah panik karena kurangnya informasi terkait Covid-19 ini.

Tidak terpancing kepanikan, para siswa SDN 06 Cilacap dan juga SDN Puguh Kendal, Jawa Tengah justru melakukan beragam cara kreatif untuk melakukan tindakan nyata mencegah virus corona dan juga menyampaikan informasinya secara benar.

Minum ramuan empon-empon

Di Jawa Tengah, SDN Gumilir 06, Cilacap memberikan edukasi kepada siswa, orangtua, dan masyarakat sekitar dalam mencegah penyebaran Virus Corona. Mereka dikumpulkan di halaman sekolah untuk berpraktik langsung cara mencegahnya, Sabtu (7/3/2020).

Baca juga: Ini Protokol Cegah Covid-19 di Sekolah, Salah Satunya Hindari Bersalaman Cium Tangan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Guru UKS (usaha kesehatan sekolah) Krista Adayu dan 15 siswa dokter kecil mengkampanyekan mencegah penyebaran virus corona dengan membuat ramuan tradisional empon-empon. 

Pertama, mereka memperkenalkan cara membuat ramuan dari tanaman empon-empon seperti jahe, sereh, dan kunyit. Setiap bahan dipotong seruas jari, lalu dipotong kecil dan dimasukkan ke dalam satu gelas air panas. Bila sudah dingin bisa ditambah gula aren atau madu.

"Ramuan empon-empon ini dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh mencegah virus masuk ke tubuh," kata Krista Adayu, guru yang menginisiasi kegiatan ini. Selanjutnya semua siswa diajak minum jamu empon-empon yang sudah disediakan sekolah.

Praktik cuci tangan 1 menit

Kegiatan kedua, siswa diajak praktik mencuci tangan menggunakan sabun yang dibimbing oleh tiga staf Puskesmas Cilacap Utara 1.

Semua siswa menyimak dan mempraktikkan cuci tangan yang diperagakan petugas kesehatan Puskesmas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.