Kompas.com - 08/03/2020, 19:47 WIB
Buku Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang karya Sapardi Djoko Damono dan Nadhifa Allya Tsana Dok. Gramedia Pustaka UtamaBuku Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang karya Sapardi Djoko Damono dan Nadhifa Allya Tsana

KOMPAS.com - Masih ingatkah
kau jalan pulang?

Tak ada jalan
dan tak ada pulang
kita di atap langit
nun di bawah rata belaka
suatu saat biru
di saat lain merah kesumba.

Jadi kau tidak ingat lagi
tak percaya lagi
akan jalan pulang?

Apakah pergi harus
juga pulang?
apakah pergi
harus juga berpikir
untuk pulang?
Apakah pulang hanya ada
kalau kita pergi?
Apakah pulang
dan pergi harus berpasangan?

Baca juga: The Quintessential Quintuplets, Ketika Kerja Sambilan Berujung Jodoh

Dua generasi berbeda "bertemu" dan berkolaborasi dalam lembaran buku dan menghasilkan deretan puisi yang bisa dinikmati oleh semua generasi.

Mereka adalah Sapardi Djoko Damono yang merupakan penyair senior dan Rintik Sedu alias Nadhifa Allya Tsana Rintik sang penulis buku romansa untuk generasi muda.

Keduanya berbagi ide dan menghasilkan karya berupa buku "Masih ingatkah Kau Jalan Pulang" yang isi puisinya bagaikan ada dua orang yang bersaut-sautan tentang segala hal, mulai dari cinta, kehidupan hingga kepulangan.

“Sepanjang proses penulisannya, saya mendengar dialog dalam kepala saya siang malam antara dua orang, perempuan dan laki-laki. Dialog yang belum pernah saya kenal sebelumnya, yang menyebabkan saya berpikir bahwa ternyata ada Semesta lain yang jauh lebih luas dari yang ada di sekitar kita, Semesta yang menguasai kita. Dialog yang akan Anda baca ini dengan demikian bukanlah sepenuhnya karya saya tetapi hasil kolaborasi Rintik Sedu dan saya. Tidak akan pernah bisa saya bayangkan menulis buku semacam ini sendirian saja,” tambah Sapardi.

Ide kolaborasi ini dimulai saat Sapardi dan Rintik Sedu diundang menjadi tamu di acara Klub Buku Narasi, Agustus 2019 silam.

Sejak itu, keduanya lantas terlibat dalam rangkaian proses kreatif untuk mengurasi, menuliskan, serta mengilustrasi berbagai inspirasi yang bermunculan. Tujuh bulan berselang, terbitlah Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.