Virus Corona, Ini 10 Strategi Iran Perangi Covid-19

Kompas.com - 09/03/2020, 14:40 WIB
Ilustrasi Corona KOMPAS.COM/HANDOUTIlustrasi Corona

KOMPAS.com - Pada 18 Februari 2020, Iran resmi mengonfirmasi kasus infeksi virus corona pertama yang diidap dua pasien lanjut usia di rumah sakit Kamkar Arabnia Qom, sekitar 120 km dari Tehran.

Sehari kemudian dua pasien tersebut meninggal dunia. Berita kematian dua penderita virus corona atau Covid-19 begitu cepat menyebar dikarenakan hanya berselang satu hari dari pelaksanaan Pemilu anggota parlemen yang ke-11.

Banyak yang percaya kematian dua pasien tersebut dengan sebab terinfeksi corona adalah hoaks untuk mengerus partisipasi publik di bilik-bilik pemungutan suara.

Kehadiran jutaan pemilih di tempat-tempat pemungutan suara diklaim menjadi penyebab jumlah penderita infeksi corona di Iran meningkat secara cepat.

Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran, Ayatullah Sayid Ali Khamanei, seusai memberi penghargaan dan penyampaian terima kasih atas partisipasi publik dan penyelenggaraan pemilu yang tetap berjalan.

Baca juga: Mafindo: Dalam 2 Bulan, Ada 100 Informasi Hoaks soal Corona di Indonesia

Ia memberikan apreasiasi kepada masyarakat dengan tidak menjadikan ketakutan terinfeksi corona menjadi alasan tidak menggunakan hak pilih. Ia segera meminta kepada pemerintah agar segera mengatasi penyebaran dan efek virus Corona.

Atas perintah tersebut, pemerintah Iran bergerak cepat.

Dengan mengkampanyekan tagar " Corona akan kita kalahkan!", pemerintah Iran membangun rasa optimis dan menjamin akan mengatasi masalah nasional akibat corona ini dengan segera.

Presiden Rouhani menunjuk Wakil Menkes Iran Iraj Harirchi mengepalai satuan tugas khusus mengatasi Corona, yang kemudian dikarenakan aktivitas padat, kenekatan terjun langsung ke lapangan dan disibukkan agenda rapat tiada henti, Iraj Harirchi sendiri terpapar corona dan harus diistirahatkan di rumah.

Berikut langkah-langkah yang diambil pemerintah Iran dalam proyek bersama mengatasi penyebaran dan efek virus Corona:

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X