Kompas.com - 13/03/2020, 14:11 WIB
Ilustrasi mahasiswa Dok. PixabayIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Peluang kerja kerap menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih program studi (prodi) di perguruan tinggi.

Walau peluang kerja sangat bergantung pada usaha kamu selama menjalani perkuliahan, namun mengetahui peluang kerja dari berbagai prodi juga perlu dilakukan.

Dengan begitu, kamu akan lebih tahu tujuan karier sehingga akan lebih siap dan semangat menjalani perkuliahan.

Salah satu prodi yang bisa kamu pertimbangkan ialah Okupasi Terapi (OT) yang masuk dalam Program Pendidikan Vokasi.

Berdasarkan tracer study yang dilakukan Program Pendidikan Vokasi (UI) tahun 2019, menyebutkan bahwa daya serap lulusan prodi OT Vokasi UI adalah 100 persen.

Baca juga: 25 Prodi Universitas Indonesia dengan Daya Tampung Terbanyak di SBMPTN

Bahkan 80 persen telah terikat dinas dengan industri saat mereka masih berkuliah semester 5 dan 6 (belum lulus).

"Artinya seluruh lulusan program studi OT diserap di dunia kerja dalam waktu 0-3 bulan dari waktu mereka lulus," tulis laman resmi Universitas Indonesia. Senin (9/3/2020).

Di Indonesia, profesi OT sendiri belum begitu populer. Terbukti dengan hanya da dua pendidikan tinggi yang memiliki jurusan ini, yakni Universitas Indonesia dan Poltekes Surakarta.

OT merupakan salah satu profesi kesehatan yang melakukan terapi kepada individu yang mengalami keterbatasan baik fisik atau mental untuk mampu mandiri di tiga area, yaitu produktivitas, aktivitas keseharian dan pemanfaatan waktu luang.

Baca juga: 25 Jurusan IPB Paling Diminati di SBMPTN dan Daya Tampungnya

Selain melaksanakan terapi, lulusan OT Vokasi UI juga mampu membuat alat bantu bagi pasien seperti splint, modifikasi alat makan, dan sebagainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X