Kompas.com - 16/03/2020, 13:08 WIB
|


KOMPAS.com - Di tengah hiruk pikuk virus corona atau Covid-19 yang mulai melanda Indonesia, ternyata ada negara yang punya kasus lebih besar karena virus corona, yakni Italia.

Bahkan Italia menjadi negara tertinggi kedua setelah China dengan jumlah kasus lebih dari 15.000 kasus. Kematian akibat Covid-19 juga cukup tinggi yakni mencapai 1.000 orang lebih.

Kini, negara Italia sudah memberlakukan kebijakan lockdown nasional. Karena kebijakan itu, segala bentuk kegiatan yang menghimpun banyak orang ditiadakan sementara.

Tak terkecuali kegiatan belajar mengajar atau perkuliahan di Italia. Kini, perkuliahan dilaksanakan secara daring, karena terkait Italia virus corona.

Baca juga: Cerita Dosen Unair di Italia, Negara Ke-2 Terbanyak Kasus Corona

Cerita dosen Unair dari Italia

Merangkum laman resmi Universitas Airlangga (Unair), ada seorang dosen Fakultas Hukum Unair yang saat ini menempuh studi lanjut di Faculty of Law, University of Pisa di Italia.

Namanya, Joeni Arianto Kurniawan. Sejak 2017, dia dan keluarganya tinggal di Italia. Namun karena virus corona dan Italia mengeluarkan kebijakan lockdown sejak 10 Maret 2020, dia harus menjalani kesehariannya di rumah.

Dia menceritakan bahwa di Italia semua sekolah dan kampus diliburkan, termasuk kegiatan kagamaan.

Bahkan sempat beberapa hari dia dan keluarganya tidak memiliki masker karena memang masker sudah sulit ditemui di pasaran.

Tak terkecuali hand sanitizer. Untungnya, dia masih memiliki persediaan hand sanitizer sebelum terjadi wabah virus corona di Italia.

"Sebagai cadangan, kami terpaksa meracik hand sanitizer sendiri, sembari menunggu suplai masker dan hand sanitizer yang dijanjikan akan didatangkan dari Indonesia via KBRI di Roma," ujarnya seperti dikutip dari laman Unair.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.