Belajar di Rumah, Cara Unik Sekolah: Kirim Tugas lewat WA Orangtua, Apa Lagi?

Kompas.com - 17/03/2020, 16:08 WIB
Ilustrasi belajar di rumah DOK. TANOTO FOUNDATIONIlustrasi belajar di rumah

KOMPAS.com - Untuk mencegah penyebaran virus covid-19, beberapa daerah menghentikan sementara proses pembelajaran di sekolah. Seperti di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, semua siswa diwajibkan belajar di rumah mulai 16-29 Maret 2020.

Menghadapi kebijakan belajar di rumah selama 14 hari, guru-guru SDN 2 Patukangan Kendal membuat program dengan melibatkan paguyuban orangtua dalam mendampingi belajar di rumah.

"Orangtua siswa yang tergabung dalam paguyuban kelas kami libatkan dalam program ini. Agar mereka juga patuh untuk tidak keluar rumah kalau tidak penting sekali selama wabah penyebaran virus corona," kata Ninik Chaeroni, Kepala SDN 2 Patukangan, Kendal Jawa Tengah yang juga fasilitator Program Pintar Tanoto Foundation.

Berikut beberapa tips melibatkan orangtua dalam proses belajar di rumah terkait penanganan virus corona; 

Baca juga: Panduan 5 Tahap Proses Belajar di Rumah untuk Sekolah dan Orangtua

1. Materi belajar lewat HP orangtua

Meski tak dapat bertatap muka, para guru sudah menyiapkan materi pembelajaran dan tugas untuk siswa.

Setiap pagi tugas diberikan melalui HP atau telepon seluler milik orang tua. Hal ini dimaksudkan agar apa yang dikerjakan siswa diketahui dan dalam pantauan orang tua.

Tugasnya terdiri dari dua macam. Bagi siswa kelas V dan VI guru-guru menyiapkan kelas daring yang memanfaatkan Google Classroom. Sedangkan siswa kelas I sampai dengan IV mengerjakan tugas yang diberikan guru lewat grup WA paguyuban orangtua siswa.

Melalui Google Classroom, guru kelas V dan VI membuat materi pembelajaran tematik dan penugasan yang bisa langsung dikerjakan siswa dan orangtua.

Mereka juga bisa mengetahui hasil belajar siswa setelah mengerjakan tugas di Google Classroom karena hasilnya sudah bisa langsung dilihat.

2. Guru dan orangtua laporkan hasil belajar

Pemberian tugas daring ternyata meningkatkan antusias siswa dalam mengerjakan tugas. Begitu kelas daring dibuka, menurut para orangtua anak-anak segera mengerjakan dan mengirimkan jawaban dari tugas yang dia kerjakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X