Peneliti ITB Prediksi Angka Tertinggi Covid-19 Capai Kisaran 600

Kompas.com - 19/03/2020, 21:07 WIB
Ilustrasi sebaran virus corona DOK. PIXABAYIlustrasi sebaran virus corona

KOMPAS.com - Lewat pendekatan matematika, peneliti Program Studi Matematika ITB (Institut Teknologi Bandung) memprediksi kasus harian baru terbesar penderita virus corona di Indonesia terbesar berada di angka kisaran 600.

Hasil kajian juga menyimpulkan bahwa Indonesia akan mengalami puncak jumlah kasus harian Covid-19 pada akhir Maret 2020 dan berakhir pada pertengahan April 2020.

Hasil penelitian ini dilakukan Pusat Pemodelan Matematika dan Simulasi (P2MS) ITB yang terdiri dari Nuning Nuraini (dosen Program Studi Matematika ITB), Kamal Khairudin S. dan Mochamad Apri.

Pemodelan ini ditulis dengan judul “Data dan Simulasi Covid-19 dipandang dari Pendekatan Model Matematika”.

Baca juga: Peneliti Unpad Kembangkan Hand Sanitizer dengan Formula Potensial

 

“Tentu perlu dicatat, ini adalah hasil pemodelan dengan satu model yang saya rasa ‘cukup sederhana’ dan sama sekali tidak mengikutkan faktor-faktor yang kompleksitasnya tinggi, “ tegas Nuning seperti dikutip dari laman resmi ITB (19/3/2020).

Digunakan saat SARS Hong Kong

Penelitian dilatarbelakangi wabah corona di Indonesia yang juga telah melahirkan berbagai kontroversi apakah tindakan diambil telah cukup untuk menangkal penyebaran lebih lanjut, ataukah terlampau berlebihan.

Kesimpangsiuran informasi tentang hal ini dikhawatirkan mengganggu usaha nyata untuk menanggulangi bencana yang sebenarnya.

"Dalam penelitian ini, kami berusaha menjawab pertanyaan mendasar tentang epidemi yang sedang terjadi saat ini di Indonesia melalui suatu model matematika sederhana," ujar Nuning.

Dalam penelitian yang menjadi jurnal ilmiah tersebut, Nuning dan tim membangun model representasi jumlah kasus Covid-19 dengan menggunakan model Richard’s Curve karena sesuai kajian Kelompok Pemodelan Tahun 2009 yang dibimbing Prof. Dr. Kuntjoro A. Sidarto.

Model tersebut terbukti berhasil memprediksi awal, akhir, serta puncak endemi dari penyakit SARS di Hong Kong tahun 2003.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X