Kompas.com - 20/03/2020, 07:10 WIB
Tangkapan layar laman resmi Rumah Belajar Kemendikbud RI. DOK.Rumah Belajar KemendikbudTangkapan layar laman resmi Rumah Belajar Kemendikbud RI.
|

KOMPAS.com - Bagi siswa SMA yang kini sedang mengikuti pembelajaran jarak jauh atau daring karena ada kebijakan pemerintah terkait virus corona, bisa coba memanfaatkan metode belajar yang satu ini.

Namanya Laboratorium Maya yang dipersembahkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Lab maya ini terdapat konten untuk mata pelajaran fisika, kimia, dan matematika.

Jika kamu kini tak bisa pergi ke laboratorium di sekolah, tak salah mencoba lab maya ini. Misalnya saja fisika bagi siswa SMA.

Baca juga: Begini Metode Pembelajaran Jarak Jauh Disdik DKI Jakarta

Konten ini bisa menjadi sumber belajar. Yakni fitur yang menyajikan materi ajar yang disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan.

Ada beragam kategori yang disediakan dan dapat dicoba. Contohnya hukum newton. Disitu terdapat penjelasan mengenai apa itu hukum newton. Siswa juga dapat melakukan percobaan.

Hukum newton

Semakin besar gaya yang diberikan maka semakin mudah untuk mendorongnya. Semua itu terjadi karena terdapat gaya yang bekerja pada benda. Teori mengenai dinamika gerak ini diterangkan oleh seorang ilmuwan Fisika yang bernama Isaac Newton.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Hukum pertama, memperkenalkan konsep kelembaman yang telah diusulkan sebelumnya oleh Galileo.

2. Hukum kedua, menghubungkan percepatan dengan penyebab percepatan, yakni gaya.

3. Hukum ketiga, merupakan hukum mengenai aksi-reaksi. Percobaan ini mensimulasikan gerak benda berdasarkan hukum newton.

Kita dapat memberikan gaya ke sebuah benda, dan mengamati apa yang terjadi pada benda tersebut. Di situ ada parameter benda dan lingkungan.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X