Proses Kartu Prakerja Dipercepat, Pintaria Adakan Tes Minat Bakat Gratis

Kompas.com - 25/03/2020, 13:41 WIB
Presiden Joko Widodo menunjukkan kartu Pra Kerja di Aceh, Selasa (26/3/2019). ANTARA FOTO/RAHMADPresiden Joko Widodo menunjukkan kartu Pra Kerja di Aceh, Selasa (26/3/2019).

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akan mempercepat penyaluran Kartu Prakerja di tengah wabah Covid-19.

"Untuk mengantisipasi para pekerja yang terkena PHK, para pekerja harian yang kehilangan penghasilan, para pengusaha mikro yang kehilangan pasar dan omset agar dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas SDMnya," ujar Jokowi melalui siaran konferensi video di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Pemerintah berharap program ini dapat membantu 2 juta orang tenaga kerja untuk meningkatkan keterampilan melalui pelatihan online maupun offline.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menerangkan, “Kartu Prakerja menjadi solusi alternatif bagi masyarakat Indonesia yang terdampak COVID-19 untuk mendapatkan skill baru (skilling), meningkatkan keterampilan di bidang yang telah ditekuni (upskilling), atau di bidang yang baru (reskilling) di seluruh Indonesia."

Baca juga: 7 dari 10 Profesi Paling Bersinar 2022 Butuh Skill dari Jurusan Ini

Untuk memastikan peserta kartu Prakerja mendapatkan pelatihan online, Pintaria hadir sebagai salah satu mitra platform digital resmi yang ditunjuk pemerintah untuk mendukung program Kartu Prakerja.

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Pintaria adalah bantuan kepada penggunanya agar dapat memilih pelatihan yang tepat sesuai dengan potensi dan kebutuhannya.

“Kami menyadari bahwa akan ada ratusan bahkan ribuan program pelatihan yang ditawarkan. Karena kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini hanya diberikan seumur hidup sekali, sangat penting bagi peserta untuk mengikuti program pelatihan yang tepat. Karena itu, kami akan fokus dalam membantu peserta memutuskan pilihannya”, ujar Co-founder Pintaria Dr. Ir. Gerald Ariff.

Baca juga: Ratas Kepastian UN, Presiden Jokowi: UN 2020 Ditiadakan

Di Pintaria, peserta bisa mendapatkan rekomendasi pelatihan berdasarkan minat dan bakat melalui tes minat dan bakat online gratis. Tes minat dan bakat online gratis juga ditujukan kepada calon penerima Kartu Prakerja.

Adapun kategori pelatihan yang tersedia di Pintaria mencakup pelatihan populer seperti Bahasa Inggris, Kewirausahaan, Digital Marketing, Coding, Sales, Kuliner, Kecantikan, Public Speaking, dan lain sebagainya.

Selain itu, pengguna Pintaria juga bisa mendapatkan rekomendasi berdasarkan kategori pekerjaan yang diminati atau lowongan pekerjaan yang tersedia serta lokasi pengguna.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X