Survei: 81 Persen Pengguna Kelas "Online" Terbantu Memahami Pelajaran

Kompas.com - 01/04/2020, 15:25 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi


KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah menuntut banyak orang dan lembaga untuk melakukan banyak perubahan. Seperti satuan pendidikan yang kini mengubah teknik belajar siswa dan cara mengajar guru dari tatap muka menjadi daring (online).

Setelah dua pekan lebih kebijakan belajar di rumah serta mengajar dari rumah diterapkan, sejumlah tanggapan pun berdatangan. Pasalnya, metode belajar satu arah seperti guru memberi tugas dan murid mengerjakan di rumah dinilai kurang efektif.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim beberapa waktu lalu menyarankan agar semua pihak segara beradaptasi dengan perubahan untuk menyesuaikan metode belajar.

Tujuannya agar belajar di rumah tak sekadar mengerjakan soal-soal, namun bisa lebih bermakna dan menyenangkan.

Baca juga: Rumah Belajar Kemendikbud Buka Kelas Online SD hingga SMK, Ini Jadwalnya

Menjawab tentangan tersebut, sejumlah portal pendidikan kini telah mengadakan kelas online yang dipandu oleh guru dengan metode real time atau disiarkan langsung. Di mana siswa dapat mendapat penjelasan dari guru secara langsung.

Selain Rumah Belajar Kemendikbud yang telah memulai kelas online Sapa DRB (Sajian Pembelajaran Duta Rumah Belajar), Zenius Education juga telah meluncurkan fitur "Live Teaching".

Sesi pengajaran Live Teaching tersebut akan dipandu oleh tutor dari berbagai mata pelajaran dan disiarkan secara langsung.

Agar siswa dan tutor dapat berdiskusi, sesi tersebut juga dilengkapi dengan fitur Live Chat, sehingga proses belajar menjadi lebih hidup.

Baca juga: UN Batal, UTBK SBMPTN Tetap Diadakan dengan Sistem Rolling

Curhat pelajar gunakan kelas online

Berdasarkan survei internal Zenius Education pada 199 orang siswa pengguna fitur Zenius Live Teaching, didapati sekitar 80.91 persen pengguna merasa fitur kelas online berhasil membantu mereka untuk memahami pelajaran.

Seperti Vania Annisa Fadilla dari SMAN 3 Bandung. Ia merasa pembelajaran jarak jauh di rumah kerap membuatnya bosan belajar karena tidak ada yang menemani. Namun, masalah itu bisa teratasi dengan hadirnya kelas online.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X