Mahasiswa Unhas Ikut Relawan Corona dapat Bobot SKS

Kompas.com - 05/04/2020, 17:04 WIB
Ilustrasi virus corona (COVID-19). KemenkesIlustrasi virus corona (COVID-19).
|

KOMPAS.com - Sebanyak 92 mahasiswa Universitas Hasanuddin ( Unhas) yang mengambil program profesi Ners, ikut aktivitas relawan Covid-19 atau virus corona.

Hal ini sebagai upaya respon terhadap wabah virus corona yang melanda Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan. Karena itu, Fakultas Keperawatan Unhas melibatkan 92 mahasiswanya.

Dekan Fakultas Keperawatan Unhas, Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp.,M.Si, menjelaskan, pihaknya mengambil kebijakan mengkonversikan aktivitas relawan sebagai mata kuliah yang mempunyai bobot SKS.

Baca juga: 15.000 Mahasiswa Relawan Corona Siap Bantu Penanganan Corona

"Ini didorong dua pertimbangan, yakni situasi sosial kemasyarakatan yang sedang dilanda Covid-19 pada satu sisi, dan imbauan untuk belajar daring di sisi lain," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Unhas, Sabtu (4/4/2020).

Adapun 92 mahasiswa profesi Ners itu terdiri dari 52 mahasiswa State Keperawatan Komunitas, Keluarga, dan Gerontik. Sedangkan 40 mahasiswa lainnya ialah yang akan masuk State Keperawatan Kesehatan Jiwa.

"Setelah berdiskusi dengan Ketua Program Studi dan Pengampu Keilmuan terkait kesesuaian capaian pembelajaran, kami memutuskan mahasiswa bisa tetap belajar dari rumah dan sekaligus jadi relawan Covid-19," terangnya.

Tugas mahasiswa relawan

Adapun tugas mahasiswa relawan ini, yakni:

  • Memantau
  • Mendampingi
  • Mengedukasi ODP, PDP dan orang tanpa gejala di wilayah Sulawesi Selatan

Sedangkan yang berada dalam State Keperawatan Kesehatan Jiwa, maka mahasiswa akan tergabung dalam Tim Relawan Pendampingan Biopsikososial Spiritual.

Kegiatan ini menurut dia sesuai Surat Edaran Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) Nomor 465/AINEC.Ka.Sr/III/2020 tentang Proses Pembelajaran selama masa darurat pandemi Covid-19.

"Kami sangat mengapresiasi kesediaan mahasiswa untuk ikut kegiatan tim relawan. Dengan terlibat disini, diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran," tuturnya.

"Disamping itu juga dapat mengasah soft skill mereka untuk senantiasa berperilaku peduli dan sigap dalam melayani masyarakat," imbuh Aryanti.

Setara KKN reguler

Sementara Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Inovasi Fakultas Keperawatan Unhas, Rini Rachmawaty, S.Kep.,Ns.,MN., Ph.D, menjelaskan, Fakultas Keperawatan mengambil dua kebijakan akademik terkait relawan Covid-19, yaitu:

Dengan mengkonversi kegiatan relawan Covid-19 setara dengan KKN Reguler/Profesi Kesehatan, dan Mata Kuliah Profesi Ners.

Baca juga: Ini Saran Akademisi Unhas Terkait Penggunaan Hand Sanitizer dan Disinfektan

"Sebelum melaksanakan tugas, mahasiswa ini diberikan pelatihan oleh Tim Satgas Covid-19 Unhas. Diharapkan, mahasiswa dapat memberikan edukasi kesehatan berdasarkan panduan Kemenkes dan referensi terbaru lainnya," jelas Rini.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X