Belanja ke Luar Rumah? Pakar IPB Berikan Tips Belanja Aman Corona

Kompas.com - 06/04/2020, 12:25 WIB
Ilustrasi belanja online shutterstockIlustrasi belanja online

KOMPAS.com - Walau sudah banyak perusahaan, instansi, hingga satuan pendidikan yang menetapkan kebijakan bekerja dari rumah serta belajar dari rumah, tetapi ada sejumlah aktivitas yang kadang, mau tak mau, mengharuskan untuk ke luar rumah.

Salah satu aktivitas yang kerap membuat banyak orang harus ke luar rumah di tengah pandemi Covid-19 ialah berbelanja kebutuhan pokok.

Pakar Perilaku Konsumen dari Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB University Dr Megawati Simanjuntak, SP, MSi menyarankan, bila masih memungkinkan, pilih lokasi belanja terdekat dari rumah, misalnya tukang sayur atau warung, manfaatkan juga belanja kebutuhan pangan secara daring.

Baca juga: Toko Sayur Online Milik IPB Layani Pesanan Warga Jabodetabek

Namun, bila memang harus belanja ke pasar tradisional maupun pasar swalayan, Megawati mengatakan, perlu dilakukan sejumlah langkah agar kegiatan belanja tetap aman.

Berikut 10 tips belanja aman agar kemungkinan terpapar Covid-19 bisa dikurangi:

1. Buat daftar dan jumlah barang yang akan dibeli untuk beberapa hari atau minggu, jadi tidak harus sering ke luar rumah untuk belanja.

2. Upayakan untuk menggunakan masker dan membawa hand sanitizer.

3. Jangan lupa membawa tas belanja sendiri.

4. Sesampai di tempat belanja, fokus pada daftar barang yang akan dibeli, sehingga tidak terlalu lama di lokasi perbelanjaan.

5. Jaga jarak aman sekitar satu atau dua meter dengan orang lain (physical distancing) saat belanja termasuk saat antre membayar di kasir.

Baca juga: Pakar UGM Prediksi Optimis Penyebaran Covid-19 Berakhir 29 Mei 2020

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X