Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2020, 12:25 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Walau sudah banyak perusahaan, instansi, hingga satuan pendidikan yang menetapkan kebijakan bekerja dari rumah serta belajar dari rumah, tetapi ada sejumlah aktivitas yang kadang, mau tak mau, mengharuskan untuk ke luar rumah.

Salah satu aktivitas yang kerap membuat banyak orang harus ke luar rumah di tengah pandemi Covid-19 ialah berbelanja kebutuhan pokok.

Pakar Perilaku Konsumen dari Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB University Dr Megawati Simanjuntak, SP, MSi menyarankan, bila masih memungkinkan, pilih lokasi belanja terdekat dari rumah, misalnya tukang sayur atau warung, manfaatkan juga belanja kebutuhan pangan secara daring.

Baca juga: Toko Sayur Online Milik IPB Layani Pesanan Warga Jabodetabek

Namun, bila memang harus belanja ke pasar tradisional maupun pasar swalayan, Megawati mengatakan, perlu dilakukan sejumlah langkah agar kegiatan belanja tetap aman.

Berikut 10 tips belanja aman agar kemungkinan terpapar Covid-19 bisa dikurangi:

1. Buat daftar dan jumlah barang yang akan dibeli untuk beberapa hari atau minggu, jadi tidak harus sering ke luar rumah untuk belanja.

2. Upayakan untuk menggunakan masker dan membawa hand sanitizer.

3. Jangan lupa membawa tas belanja sendiri.

4. Sesampai di tempat belanja, fokus pada daftar barang yang akan dibeli, sehingga tidak terlalu lama di lokasi perbelanjaan.

5. Jaga jarak aman sekitar satu atau dua meter dengan orang lain (physical distancing) saat belanja termasuk saat antre membayar di kasir.

Baca juga: Pakar UGM Prediksi Optimis Penyebaran Covid-19 Berakhir 29 Mei 2020

6. Pada saat memilih barang jangan terlalu banyak menyentuh barang yang kemungkinan sudah banyak disentuh orang lain.

7. Sebaiknya gunakan aplikasi pembayaran di ponsel, kartu debit atau kartu kredit untuk melakukan pembayaran. Sehingga kontak dengan uang kertas dari orang ke orang bisa berkurang.

8. Gunakan hand sanitizer setelah melakukan pembayaran.

9. Sebelum masuk rumah, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

10. Selanjutnya, setelah masuk rumah, ganti semua pakaian untuk dicuci dan langsung mandi.

Untuk semakin menjauhi risiko, lanjut Megawati, barang belanjaan dapat segera disemprot atau dicuci sesampainya di rumah. Termasuk makanan kemasan kaleng juga harus dibersihkan dengan air mengalir.

Baca juga: 15 Jurusan di Universitas Indonesia dengan Nilai UTBK SBMPTN Terendah

Jika belanja berupa fresh food maka sebaiknya semua belanjaan segera dibersihkan. Agar aman dikonsumsi, gunakan sabun khusus untuk membersihkan buah dan sayuran.

Jika belanja secara daring, minta kurir meletakkan barang dan diletakkan di depan rumah. Kurangi kontak langsung dengan kurir.

“Nah tips safety telah ada. Bagi yang bingung ingin belanja kebutuhan harian, bisa ikuti langkah tersebut. Salam sehat,” imbuh Megawati dalam laman resmi IPB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com