Kompas.com - 14/04/2020, 08:00 WIB
Ilustrasi shutterstock.comIlustrasi

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran membuka pelayanan konsultasi psikologi berbasis online untuk masyarakat secara gratis. Upaya ini diberikan untuk penanganan psikologis masyarakat mengalami gangguan kesehatan mental karena wabah pandemi corona.

Dalam masa pandemi corona, Unpad menyediakan layanan yang dapat dijangkau oleh masyarakat yang harus tinggal di rumah. Unpad menggunakan aplikasi Google Hangout sehingga diharapkan layanan dapat dengan segera mencapai masyarakat yang membutuhkan pembimbingan psikologis secepat mungkin tanpa meninggalkan rumah.

"Penanganan psikologis daring tanpa pungutan biaya ini dilakukan melalui sebuah lembaga di bawah Fakultas Psikologi, yaitu Pusat Inovasi Psikologi (PIP) Universitas Padjadjaran. PIP merupakan layanan konsultasi psikologi yang dikelola oleh akademisi dari Fakultas Psikologi Unpad untuk masyarakat umum," kata Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad, Dandi Supriadi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Pelayanan konsultasi daring ini dilakukan melalui layanan percakapan (chat) dengan psikolog dalam aplikasi Google Hangout. Aplikasi ini pada umumnya sudah tersedia dalam telpon pintar berbasis Android.

"Bila masyarakat tidak memilikinya, aplikasi ini dengan mudah dapat diunduh tanpa dipungut bayaran. Masyarakat yang membutuhkan layanan ini dapat mendaftarkan diri dan menentukan jadwal dengan cara mengirimkan alamat email ke admin di klinik," tambah Dandi.

Baca juga: Teknik Informatika Unpad: Jurusan Saintek Paling Ketat di SNMPTN 2020

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pedaftaran dapat dilakukan setiap hari antara pukul 08.30 hingga 16.00 WIB. Setelah mendapatkan jadwal konsultasi, para calon klien akan diminta membaca dan mengisi formulir yang dikirimkan melalui email.

Selanjutnya, para klien dapat melakukan konsultasi sesuai jadwal dari rumah masing-masing. Jadwal konsultasi tersedia setiap hari antara pukul 09.00 hingga 15.30 WIB.

Informasi tentang prosedur dan pendaftaran lebih lanjut dapat ditanyakan melalui layanan percakapan WA di 0811 207 4388, atau di www.pipunpad.id.

Pandemi Covid-19 yang saat ini melanda Indonesia telah mengakibatkan kehidupan sehari-hari menjadi serba tidak menentu. Banyak aktivitas rutin yang harus disesuaikan, bahkan dihentikan sementara waktu akibat kebijakan untuk tinggal di rumah dan bekerja secara jarak jauh.

Bagi yang terbiasa beraktivitas di luar rumah, kondisi ini tentu dapat menimbulkan ketidakseimbangan psikologis.

Terlebih lagi dengan adanya banyak kabar buruk dan rumor yang serba tidak pasti kebenarannya, mengakibatkan kegalauan dan kegelisahan semakin mengganggu, berujung kepada keputusasaan dan stres.

Hal ini bukanlah sesuatu yang sederhana di masa berjangkitnya virus Corona ini. Kondisi kejiwaan seperti ini memerlukan penanganan segera.

Orang yang mulai terganggu dengan kegelisahan seperti ini harus didampingi dan dibimbing oleh ahli. Hal itu bertujuan untuk menghindari kondisi yang lebih parah dan melebihi masalah akibat virus corona.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.