Siswa SMP, Ini Rangkuman Belajar dari Rumah di TVRI: 4 Tokoh Indonesia

Kompas.com - 20/04/2020, 11:05 WIB
Tangkapan layar tayangan Belajar dari Rumah di TVRI, tokoh Raja Ali Haji. KOMPAS.com/ALBERTUS ADITTangkapan layar tayangan Belajar dari Rumah di TVRI, tokoh Raja Ali Haji.
|

KOMPAS.com - Bagi siswa SMP dan sederajat yang tadi ketinggalan tayangan di TVRI, berikut ini rangkuman materi mengenai tokoh-tokoh Indonesia.

Pada tayangan program, Senin (20/4/2020), siswa SMP kembali diajak untuk mengenal lebih dekat tentang tokoh-tokoh negara Indonesia.

Tokoh-tokoh itu tentunya membawa sejarah dan perubahan besar bagi perkembangan Indonesia. Siapa saja tokoh-tokoh itu?

Baca juga: Ini Rangkuman Tayangan Perdana Jalan Sesama bagi Anak PAUD di TVRI

Merangkum dari tayangan program Belajar dari Rumah di TVRI Nasional untuk jenjang SMP dan sederajat Senin 20 April 2020, ini rangkuman 4 tokoh tersebut:

1. Ki Hadjar Dewantara

Siapa yang tak kenal tokoh nasional yang satu ini. Bagi dunia pendidikan di Indonesia, Ki Hadjar Dewantara adalah Bapak Pendidikan Nasional.

Ki Hadjar Dewantara lahir di Yogyakarta 2 Mei 1889 dengan nama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat. Pada 1922 namanya menjadi Ki Hadjar Dewantara.

Hari kelahirannya oleh pemerintah kemudian dijadikan sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Atau setiap 2 Mei diperingati sebagai Hardiknas.

Bagian dari semboyan ciptaannya, yakni Tut Wuri Handayani menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia.

Tak hanya itu saja, Ki Hadjar Dewantara juga menjadi Menteri Pengajaran Indonesia ke-1 atau Menteri Pendidikan Indonesia pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

2. Raja Ali Haji

Selanjutnya, tayangan program Belajar dari Rumah di TVRI itu menyajikan tokoh Indonesia yakni Raja Ali Haji. Raja Ali Haji lahir di Selangor 1808.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X