Kompas.com - 20/04/2020, 12:50 WIB
Pelatihan Prakerja di Tokopedia screenshootPelatihan Prakerja di Tokopedia

KOMPAS.com - Wabah Covid-19 telah mengubah kehidupan banyak orang. Aktivitas sekolah dan bekerja kini berlangsung dari rumah. Tak sedikit pula, para pekerja yang "dirumahkan" sehingga terdampak ekonomi akibat pandemi.

Pekerjaan bisa saja hilang, namun kesempatan dan harapan untuk tetap bertahan akan terus ada. Seperti kesempatan untuk meningkatkan keahlian sebagai bekal mencari pekerjaan baru atau untuk membuka usaha sendiri lewat program Kartu Prakerja.

Program Kartu Prakerja merupakan salah satu solusi yang ditawarkan oleh pemerintah untuk para "fresh graduate" hingga tenaga kerja, terutama yang terdampak Covid-19, untuk meningkatkan keterampilan melalui pelatihan online maupun offline. Sekaligus mendapatkan insentif.

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang II resmi dibuka hari ini, Senin (20/4/2020), dan menawarkan sejumlah manfaat. Hingga akhir tahun nanti, pemerintah telah merencanakan akan membuka 30 gelombang pendaftaran.

Baca juga: 7 Manfaat Pelatihan Kartu Prakerja, Sertifikat hingga Insentif Bulanan

Bila pada gelombang sebelumnya peserta gagal seleksi karena kuota habis, maka dapat kembali mengikuti seleksi periode gelombang berikutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bila lolos, peserta akan mendapatkan manfaat sebesar Rp 3.550.000 yang terbagi atas:

  • Biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta.
  • Insentif setelah melakukan pelatihan sebesar Rp 600 ribu per bulan yang akan ditransfer ke peserta selama 4 bulan.
  • Insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150 ribu.

Ragam pelatihan Kartu Prakerja

Kartu Prakerja bekerja sama dengan sejumlah platform dalam menyediakan pelatihan, yakni Pintaria by Haruka Edu, Sekolahmu, Kemnaker, Tokopedia, Mau Belajar Apa, Pijar, Skill Academy by Ruang Guru, serta Bukalapak.

Baca juga: Beasiswa Pertamina Foundation bagi Mahasiswa S1/D3 Terdampak Covid-19

Ada ribuan jenis pelatihan yang bisa dipilih oleh para pemilik Kartu Prakerja sesuai dengan bidang yang ingin dikuasai.

Untuk para "fresh graduate" atau lulusan yang ingin menjadi CPNS, Pintaria menyediakan pelatihan "Latihan Soal CPNS Plus Kunci Jawaban" yang terbagi atas 3 paket.

Bagi yang ingin membuka bisnis rumahan, tersedia banyak pelatihan menarik. Masih di platform yang sama, ada pelatihan Cara Mudah Mengawali Bisnis Roti dan Kue di Rumah, Memulai Bisnis Pempek yang Istimewa di Rumah, Memulai Usaha Makanan Secara Online, Sukses Jualan Lewat Social Media, dan banyak lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.