Kompas.com - 22/04/2020, 10:11 WIB

KOMPAS.com - Masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dapat menjadi kesempatan bagi guru untuk mengembangkan diri di tengah imbauan bekerja dari rumah atau WFH (work from home).

Ada banyak gelaran live streaming atau webinar diselenggarakan, baik secara gratis maupun berbayar, dari berbagai lembaga maupun insitusi pendidikan.

Salah satu tawaran webinar pengembangan kompetensi guru gratis datang dari Eduversal yang akan mengangkat tema "Another Online Assements Alternative: Classtime.Com" yang akan diadakan pada Sabtu, 25 April 2020, pukul 11.00-12.00 WIB.

Webinar akan disampaikan Lanjar Mulyana dari Pribadi Bilingual Boarding School Depok dengan moderator Yulistyo Ramon dari Eduversal.

Guru yang tertarik belajar melakukan asesmen dengan menggunakan platform ini dapat mengakses seminar daring melalui berbagai alternatif tautan:

Khusus untuk Zoom peserta akan dibatasi maksimal 100-150 partisipan.

Baca juga: Hari Kartini, Video Ibu Pertiwi Semangati Guru dan Siswa Belajar dari Rumah

Alternatif asesmen: Classtime

"Prinsip yang harus selalu kita pegang dalam proses pendidikan khususnya guru adalah: kalau guru berhenti mengembangkan diri sebaiknya dia berhenti mengajar juga," tegas Lanjar pembicara seminar sebagai ajakan guru untuk tidak pernah mengembangkan potensi diri (22/4/2020).

Menurutnya, justru di masa pandemi ini guru harus lebih kreatif dan inovatif untuk membangun kemampuan dan profesionalitas diri dengan situasi yang ada.

"Dengan demikian diharapkan proses pembelajaran akan berlangsung menarik dan tidak membosankan sehingga dalam masa sulit ini proses pembelajaran tidak menjadi 'wabah' dalam bentuk lain untuk anak didik kita," jelasnya.

Lebih jauh Lanjar menyampaikan dalam kesempatan webinar ia akan menyampaikan alternatif online assessment dalam pembelajaran lewat platform classtime.com.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.