Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal dan Link Webinar Guru Gratis: Asesmen Menggunakan "Classtime"

Kompas.com - 22/04/2020, 10:11 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dapat menjadi kesempatan bagi guru untuk mengembangkan diri di tengah imbauan bekerja dari rumah atau WFH (work from home).

Ada banyak gelaran live streaming atau webinar diselenggarakan, baik secara gratis maupun berbayar, dari berbagai lembaga maupun insitusi pendidikan.

Salah satu tawaran webinar pengembangan kompetensi guru gratis datang dari Eduversal yang akan mengangkat tema "Another Online Assements Alternative: Classtime.Com" yang akan diadakan pada Sabtu, 25 April 2020, pukul 11.00-12.00 WIB.

Webinar akan disampaikan Lanjar Mulyana dari Pribadi Bilingual Boarding School Depok dengan moderator Yulistyo Ramon dari Eduversal.

Guru yang tertarik belajar melakukan asesmen dengan menggunakan platform ini dapat mengakses seminar daring melalui berbagai alternatif tautan:

Khusus untuk Zoom peserta akan dibatasi maksimal 100-150 partisipan.

Baca juga: Hari Kartini, Video Ibu Pertiwi Semangati Guru dan Siswa Belajar dari Rumah

Alternatif asesmen: Classtime

"Prinsip yang harus selalu kita pegang dalam proses pendidikan khususnya guru adalah: kalau guru berhenti mengembangkan diri sebaiknya dia berhenti mengajar juga," tegas Lanjar pembicara seminar sebagai ajakan guru untuk tidak pernah mengembangkan potensi diri (22/4/2020).

Menurutnya, justru di masa pandemi ini guru harus lebih kreatif dan inovatif untuk membangun kemampuan dan profesionalitas diri dengan situasi yang ada.

"Dengan demikian diharapkan proses pembelajaran akan berlangsung menarik dan tidak membosankan sehingga dalam masa sulit ini proses pembelajaran tidak menjadi 'wabah' dalam bentuk lain untuk anak didik kita," jelasnya.

Lebih jauh Lanjar menyampaikan dalam kesempatan webinar ia akan menyampaikan alternatif online assessment dalam pembelajaran lewat platform classtime.com.

"Sebelumnya saya sudah melakukan mini riset di beberapa sekolah, dari riset itu saya melihat satu kecenderungan bahwa guru lebih sering menggunakan platform yang sama dalam assessment," ujarnya. 

Ia menambahkan, "Makanya dalam kesempatan ini saya mencoba memberikan alternatif lain yang tidak kalah menarik dalam sebuah asssessment pembelajaran."

Lanjar menjelaskan platform Classtime ini sangat mudah dipelajari dan diterapkan di kelas.

"Faktor paling perlu diperhatikan adalah kemauan untuk mencoba menerapkan hal-hal yang baru. Itu menjadi kunci yang paling penting," kata Lanjar memberikan saran.

Adaptasi mengajar di tengah wabah

Poster Digital Webinar untuk GuruDOK. EDUVERSAL Poster Digital Webinar untuk Guru
Lanjar juga menyampaikan tidak diperlukan persiapan khusus untuk mengikuti webinar yang akan digelar Sabtu minggu ini (25/4/2020).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com